Aceh – Sekretaris Jenderal (Sesjen)  Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Ainun Na’im mengucapkan selamat atas perkembangan yang sangat baik di Universitas Samudra (UNSAM) selama 45 tahun sejak didirikannya, dan 3 Tahun sejak menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), pada saat menghadiri acara Dies Natalis sekaligus meresmikan gedung perkuliahan UNSAM, Langsa – Aceh (12/5).

UNSAM berdiri sejak Tahun 1971 atas ide dan gagasan dari tokoh kreatif masyarakat Aceh bagian Timur. Dalam orasinya Ainun Na’im mengatakan bahwa pengembangan dan kemajuan peradaban manusia sangat ditentukan oleh sejauh mana masyarakat mengetahui ilmu pengetahuan dan teknologi. “Saat ini, peradaban manusia sedang mengalami perubahan yang sangat drastis, masyarakat mengenal sebagai suatu abad dimana terjadi revolusi Industri yang keempat,” terang Ainun.

Revolusi Industri pertama ketika manusia menemukan mesin untuk memproduksi industri tekstil, yang awalnya dibuat menggunakan tangan manusia kemudian digerakkan oleh mesin. Selanjutnya pada Revolusi Industri kedua dan ketiga yang didorong dengan adanya Teknologi Informasi, dan Teknologi Cyber.

 Pentingnya Ilmu pengetahuan dan Teknologi untuk masyarakat kedepannya akan membantu perkembangan peradaban manusia itu sendiri, termasuk Universitas Samudra.

“Kami yakin bahwa Universitas Samudra kedepannya juga akan menjadi suatu contoh teladan bagi masyarakat yang akan mengembangkan keutuhan peradaban manusia ”, ucap Sesjen. (wd/bkkp)