Pertama kalinya, Garansindo Electric Scootic ITS (Gesits) membuka program beasiswa berbasis magang yang ditujukan untuk mahasiswa ITS tahun ke-2. Program yang berada di bawah naungan Pusat Unggulan Iptek – Sistem dan Kontrol Otomotif (PUI-SKO) ini dibuka untuk mempersiapkan calon insinyur ITS di bidang teknologi kendaraan listrik.

Grangsang Sotyaramadhani ST, Pimpinan Proyek Gesits mengatakan, program beasiswa yang luncur pada (11/1) lalu bertujuan agar transfer teknologi kepada calon-calon insinyur di ITS terkait pengembangan kendaraan listrik tetap terjaga. “Selain itu juga untuk memberi wadah kepada mahasiswa yang tertarik lebih jauh di bidang kendaraan listrik,” ujarnya.

Lebih lanjut, selama mendapatkan beasiswa Gesits ini, nantinya mahasiswa diwajibkan untuk magang. Mahasiswa akan diberikan fasilitas berupa kesempatan belajar mengenai teknologi kendaraan listrik secara langsung dari para insinyur yang telah mengembangkan Gesits serta fasilitas penelitian yang dimiliki oleh PUI-SKO.

“Nantinya mahasiswa dapat menggali ilmu lebih dalam. Hal ini sejalan dengan tujuan ITS dalam mempersipakan sumber daya manusia yang berkualitas, khusunya di bidang teknologi kendaraan listrik,” lanjutnya.

Sama seperti program beasiswa pada umumnya, Gesits juga memiliki persyaratan yang wajib diikuti oleh pendaftar. Salah satunya adalah keinginan belajar yang tinggi dan tertarik dalam mendalami bidang teknologi, seperti electric motor, motor controller, vehicle monitoring system dan lainnya. “Terkait kuota, kami memiliki jumlah yang telah ditentukan. Tapi, tidak memungkinkan untuk kami melihat potensi yang dimiliki oleh pendaftar,” ucapnya.

Grangsang pun berharap program tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa ITS. “Semoga lulusan program ini dapat mengembangkan teknologi kendaraan listrik lebih jauh lagi dan bermanfaat untuk ITS maupun Indonesia,” tutup Grangsang. (fai/hil)
sumber: https://www.its.ac.id/berita/101341/en