MALANG – Antusias peserta Musabagah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV di Universitas Brawijaya (UB), demikian besar. Terbukti, dari jumlah peserta yang mengikuti tahun ini sebanyak 2. 547 orang, dari 251 universitas dan politehnik se-indonesia. Jumlah ini, dua kali lipat dari gelaran tahun sebelumnya yang berlangsung di Jakarta.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir mengaku bangga, saat membuka Kompetisi Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV di Universitas Brawijaya (28/07) di Malang, Jawa Timur. Menurutnya jumlah peserta MTQMN XV, memecah rekor terbanyak sejak ajang nasional ini digelar untuk pertama kalinya.

“Ini perkembangan yang baik, sebelumnya peserta di Jakarta tidak sebanyak ini, antusiasnya sangat tinggi,” ungkap Muhammad Nasir.

Nasir menambahkan, ajang yang berlangsung selama delapan hari (28 Juli–4 Agustus) itu, untuk mendorong mahasiswa piawai membaca Alquran hingga menguasai tafsirnya.

Rektor Universitas Brawijaya, Mohammad Bisri, yang turut hadir saat pembukaan MTQMN 2017 mengungkapkan, sebagai tuan rumah pihaknya sangat mengapresiasi gelaran akbar tersebut. Diharapkan, melalui acara ini, mahasiswa Indonesia dapat meningkatkan pemahaman dan penghayatan Al-Qur’an sebagai petunjuk hidup. “Mudah-mudahan acara ini bisa melestarikan budaya rohani di Indonesia. Saya harap seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan lancar,” tandasnya.

Pada perhelatan MTQMN XV tahun ini, ada 13 cabang bidang yang dilombakan. Tujuh cabang dilaksanakan di Universitas Brawijaya dan enam sisanya di Universitas Malang. Adapun diantaranya dari Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Tartil Qur’an, Musabaqah Qira’ah Sab’ah, Musabaqah Fahmil Qur’an, Hifdzil 5 dan 10 Juz, Debat Kandungan Alquran (bahasa Inggris), dan Lomba Karya Tulis Alquran.

MTQ Mahasiswa, merupakan salah satu upaya untuk menanamkan kecintaan Al-Quran di kalangan para akademisi. Meski dikemas dalam bentuk perlombaan, namun pembudayaan Al-Quran di tengah-tengah masyarakat menjadi prioritas utamanya.

Berikut daftar penyelenggaraan MTQ Mahasiswa Nasional beberapa tahun terakhir:

* MTQ Mahasiswa Nasional X Tahun 2007 di Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan

* MTQ Mahasiswa Nasional XI Tahun 2009 di Universitas Malikush Shaleh, Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam

* MTQ Mahasiswa Nasional XII Tahun 2011 di Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan

* MTQ Mahasiswa Nasional XIII Tahun 2013 di Universitas Andalas & Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat

* MTQ Mahasiswa Nasional XIV Tahun 2015 di Universitas Indonesia.