Jakarta, 12 Januari 2015-Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M. Nasir menggratiskan biaya pendaftaran masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Hal itu diungkapkan Menristekdikti pada acara konferensi pers di Gedung D Lantai 10, Senayan, Jakarta.

Menristekdikti mengatakan tengah mengeluarkan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) terkait seleksi masuk PTN 2015. “Ada tiga cara yaitu melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Mandiri (UM)” jelasnya.

Free of charge itu masalah biaya pendaftaran SNMPTN 100 persen dari anggaran negara” pungkasnya. Sedangkan SBMPTN, Menristekdikti mengatakan biaya pendaftaran akan ikut disubsidi oleh pemerintah. Namun, untuk seleksi melalui jalur UM, biaya pendaftaran dibebankan kepada calon mahasiswa.

Kuota mahasiswa yang ditampung di PTN melalui SNMPTN sebanyak 50 persen. Sedangkan untuk SBMPTN sebanyak 30 persen, dan UM sebanyak 20 persen.

SNMPTN 2015 akan diluncurkan Menristekdikti bersama panitia SNMPTN pada hari Kamis, 15 Januari 2015 di Gedung D, Ditjen Dikti, Senayan.