JAKARTA – Rangkaian kegiatan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke–22 resmi diluncurkan. Hal ini ditandai dengan tabuhan genderang dan pekik “Ewako” yang dilakukan oleh Menristekdikti Mohamad Nasir didampingi Dirjen Penguatan Inovasi Jumain Appe, Pelaksana Tugas Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Kepala Balitbang Provinsi Sulawesi Selatan pada Soft Launching Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke–22 pada Selasa (25/4), di Jakarta.

Peringatan Hakteknas ke-22 tahun 2017 ini dipusatkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Ini merupakan peringatan puncak acara Hakteknas yang diselenggarakan untuk pertama kalinya di luar Pulau Jawa.

Pada sambutannya, Menristekdikti menjelaskan bahwa penyelenggaraan puncak acara peringatan Hakteknas ke–22 di kota Makassar merupakan upaya Kemristekdikti untuk mendorong munculnya inovasi-inovasi baru di daerah.

“Dulu, peringatan Hakteknas ke 1 sampai dengan 20 selalu diselenggarakan di Jakarta. Ini tidak bisa menyentuh inventor-inventor di daerah. Untuk itu pada Hakteknas ke–22 diselenggarakan di Makassar, di luar Jawa. Kita ingin berkembangnya inovasi-inovasi di daerah untuk membangun negeri ini,” tegas M. Nasir.

Lebih lanjut M. Nasir menjelaskan bahwa dasar pemilihan Kota Makassar, Sulawesi Selatan sebagai lokasi penyelenggaraan puncak peringatan Hakteknas ke–22 karena Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang di Indonesia. Sulawesi Selatan juga merupakan provinsi dengan dinamika pembangunan pesisir yang paling tinggi di Indonesia. Selain kedua faktor tersebut, Pelabuhan Makassar merupakan pelabuhan terpadat di kawasan Indonesia Timur. Sehingga diharapkan dapat menjadi pilar dalam mendukung poros kemaritiman.

Pada acara Soft Launching Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke–22 ini juga dimeriahkan dengan mini eksebisi produk inovasi dari berbagi LPNK, BUMN Industri Strategis, Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), dan Pemkot Makassar.
Selamat berjumpa di Makassar, Sulawesi Selatan!

Gelorakan Inovasi!
Inovesia – Inovasi Indonesia! (MSF)

Galeri