Tingkatkan Kompetensi Dosen di Bidang Penelitian dan Komersialisasi, Dikti Selenggarakan Talent Scouting dengan Perguruan Tinggi Irlandia

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Irlandia untuk Indonesia menyelenggarakan webinar peningkatan kualifikasi dosen melalui program Talent Scouting, Selasa (9/6). Program ini merupakan program rutin Direktorat Sumber Daya Ditjen Dikti yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka, namun di tengah pandemi Covid-19, program ini dilaksanakan secara virtual.

Webinar bertema Talent Scouting for Indonesian Lecturers with Education in Ireland ini dibuka secara resmi oleh plt. Dirjen Dikti Nizam dan turut dihadiri Duta Besar Irlandia Untuk Indonesia, H.E Olivia Leslie dan Direktur Sumber Daya, Sofwan Effendi. Kegiatan ini diikuti secara virtual oleh 500 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia

Nizam dalam sambutannya mengatakan program ini merupakan salah satu implementasi kebijakan Presiden untuk mempersiapkan sumber daya manusia dalam waktu 5 tahun ke depan. Hal itu diturunkan ke dalam bentuk kebijakan Menteri Pendidkan dan Kebudayaan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Mahasiswa diberi kebebasan dalam memilih proses pembelajaran di luar kampus selama 3 semester baik di dunia industri mau pun di lingkungan masyarakat. Sehingga perlu juga penyiapan dosen yang berkualitas dalam membentuk sumber daya manusia.

“Saya mengapresiasi dukungan dari seluruh pihak seperti Duta Besar Irlandia untuk Indonesia, Ibu Olivia, Direktur Sumber Daya, Bapak Sofwan Effendi, kepada kolega dari perguruan tinggi Irlandia dan para dosen dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik karena kita membutuhkan dosen dengan wawasan yang luas dan memahami tantangan global,” tutur Nizam.

Nizam meyakini bahwa program ini mampu meningkatkan kualitas dosen dalam mempersiapkan diri menuju jenjang S3. Nizam berharap para peserta webinar dapat menggunakan webinar ini untuk menggali kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi ke perguruan tinggi terbaik di Irlandia untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya.

Duta Besar Irlandia untuk Indonesia, Olivia pun turut mengapresiasi kegiatan ini. “Kami merasa sangat bersyukur karena pemerintah Indonesia dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi mengizinkan kami bertatap muka dengan para kolega dan dosen dari seluruh Indonesia. Hal yang sangat luar biasa, karena banyak dan antusias peserta mengikuti kegiatan ini,” tutur Olivia.

Dubes Irlandia menambahkan Perguruan tinggi Irlandia dalam kesempatan ini akan membantu peningkatan kompetensi dosen dalam bidang penelitian dan komersialisasi. Olivia meyakin bahwa Irlandia memiliki kelebihan dalam bidang tersebut dan ingin dibagikan kepada para peserta Talent Scouting saat ini.

“Melalui webinar online ini, kami ingin menunjukkan komitmen kami untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia di Indonesia serta memperkuat hubungan bilateral kedua negara dan memfasilitasi peningkatan kualifikasi dosen di Universitas di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Tinggi Pendidikan melalui Direktorat Sumber Daya,” tutup Olivia.

Direktur Sumber Daya Sofwan Effendi pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa animo akademisi Indonesia sangat tinggi untuk mengikuti program ini. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar webinar lebih dari 1.500 pendaftar, sebelum akhirnya diseleksi lagi oleh panitia menjadi 500 peserta.

Sofwan menyampaikan apresiasinya kepada Dubes Irlandia serta para kolega dari perguruan tinggi Irlandia. Ia berharap kerja sama ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan kemampuan para dosen Indonesia hingga kompetensinya dapat meningkat. Para akademisi juga berkesempatan menggali informasi mengenai pendidikan doktoral ataupun peluang beasiswa di perguruan tinggi Irlandia dari para narasumber sehingga memudahkan mereka jika ingin melanjutkan pendidikan kesana” harap Sofwan.

Talent Scouting for Indonesian Lecturers with Education in Ireland ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama bidang pendidikan tinggi antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Irlandia. Melalui kegiatan ini, para peserta mendapatkan materi tentang Education in Ireland, How to Find the Right Supervisor for a Doctoral Study, Research-based Product Commercialisation: Opportunities and Challenges, Internet of Things for Education dan Responses to Covid-19 in an Irish University.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 9-10 Juni 2020 secara virtual. Pada acara tersebut menghadirkan beberapa tamu dan narasumber seperti Duta Besar Irlandia Untuk Indonesia, H.E Olivia Leslie; plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam; dan Direktur Sumber Daya, Sofwan Effendi. Turut hadir pula para kolega dari perguruan tinggi Irlandia sebagai narasumber seperti Jim Connelly (National University of Ireland, Galway), Paul Dillon (University of Limerick), Yvonne Cavanagh (Institute of Technology Carlow), Andrew Flaus (National University of Ireland, Galway), dan Gerard Lacey (Trinity College Dublin). (YH/FH/DZI/HIL)

Humas Ditjen Dikti
Kemdikbud

Please follow and like us:
43

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *