[Unpad.ac.id, 20/01/2017] Sebanyak 270 peserta mengikuti ujian Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Program Profesi Apoteker di Gedung Fakultas Farmasi Unpad, Jatinangor, Jumat (20/01). Ujian tersebut meliputi wawancara dan uji keprofesian.

Koordinator SMUP Unpad, Muchtaridi, M.Si., PhD., Apt., mengungkapkan bahwa selain ujian untuk Program Profesi Apoteker yang digelar hari ini, wawancara dan uji keprofesian juga akan dilaksanakan untuk 7 peserta Program Akuntan di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Sabtu (21/01) besok.

Muchtaridi menjelaskan, wawancara dilakukan oleh para dosen dari masing-masing fakultas, untuk mengetahui kemampuan akademik peserta, serta motivasi mereka melanjutkan studi di Unpad. Sementara pada uji keprofesian, para peserta diminta untuk mengisi sejumlah soal dengan metode Computer Based Test (CBT).

Mekanisme seleksi kali ini pun berbeda dengan pelaksanaan seleksi SMUP Program Profesi sebelumnya. Kali ini, sebelum mendaftar menjadi peserta SMUP Program Profesi, para calon peserta diharuskan untuk mengikuti Tes Kemampuan Advance (TKA) dan Tes Kemampuan Bahasa Ingggris (TKBI). TKA dilaksanakan di Biro Pelayanan dan Inovasi Psikologi (BPIP) Unpad, sementara TKBI dilaksanakan di Pusat Bahasa Unpad.

“Bobot penilaiannya lebih besar TKA dan TKBI, dengan maksud untuk melihat kemampuan akademik mahasiswa dalam menempuh program profesi, baik itu Apoteker atau Akuntansi. Sehingga Unpad tetap memegang kualitasnya,” kata Muchtaridi.

Ia pun mengharapkan, dengan digelarnya seleksi ini, Unpad dapat menjaring para mahasiswa program profesi  yang berkualitas, kompeten, dan dapat bersaing. Pengumuman seleksi akan dilakukan pada 30 Januari 2016 mendatang di pengumuman.unpad.ac.id.

“Mereka (yang lulus) harus registrasi Bulan Februari 2016,” ujar Muchtaridi.

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / wep