MEULABOH – Setelah lama ditunggu-tunggu oleh seluruh mahasiswa se-Indonesia, akhirnya melalui rapat Tim Pelaksana Kegiatan UTU Awards 2017, Pendaftaran online UTU Awards dibuka kembali. Untuk diketahui UTU Awards merupakan singkatan dari Universitas Teuku Umar Awards yang merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Teuku Umar sebagai salah satu wujud rasa tanggung jawab dalam menciptakan dan meningkatkan jumlah wirausahawan muda Indonesia. UTU Awards memiliki tagline: “where !DEAS meet Opportunities”

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA mengatakan bahwa, UTU Awards merupakan kegiatan dalam rangka meningkatkan semangat dalam berkreativitas, berinnovasi bagi kalangan mahasiswa dengan harapan dapat terciptanya wirausahawan muda Indonesia. “Melalui UTU Awards ini juga diharapkan dapat menjadi starting point dalam menggali ide kreatif dan inovatif mahasiswa, terutama yang berbasis pada bidang Agro & Marine Industries. Misalnya, jika ada peserta yang ingin ikut kompetisi bidang Desain toko online, berarti produk yang dipasarkan berkaitan pertanian dan perikanan” jelas Prof. Jasman.

Prof. Jasman juga menambahkan bahwa pada 3rd UTU Awards tahun ini yang merupakan kegiatan tahun ketiga, memiliki 5 kegiatan kompetisi, yaitu: Perencanaan Bisnis (Business Plan), Desain Toko Online (E-Store Design), Karya Inovatif dan Produk Kreatif Berbasis Pertanian dan Perikanan (Innovation Based on Agro and Marine Product), Riset Unggulan Berbasis Kewirausahaan (Research Based On Entrepreneurship), Catur Teuku Umar (Toekoe Oemar Spell).

Rektor menambahkan bahwa, terkait tim penjurian, UTU menyiapkan tim juri dari Kementerian Ristekdikti dan Universitas-Universitas Top di Indonesia. Rektor juga menghimbau kepada seluruh mahasiswa se-Indonesia agar dapat segera mendaftarkan dirinya pada kegiatan akbar tersebut.

Sementara itu, Humas kegiatan akbar UTU Awards 2017 Ikhsan, SE menambahkan bahwa total hadiah yang disiapkan oleh panitia dalam tahun ini adalah sejumlah 229,5 Juta Rupiah. Lebih rinci, Ia mengatakan bahwa penghargaan yang diberikan kepada pemenang untuk 4 Bidang kompetisi pada kegiatan ini adalah: Juara I: Uang Tunai Rp 15.000.000 + Piala + Piagam, Juara II: Uang Tunai Rp 12.000.000 + Piala + Piagam, Juara III: Uang Tunai Rp 10.000.000 + Piala + Piagam, Juara Harapan I: Uang Tunai Rp 8.000.000 + Piagam,Juara Harapan II: Uang Tunai Rp 6.000.000 + Piagam.

Sementara itu, nilai penghargaan yang diberikan kepada pemenang Bidang Catur Teuku Umar, masih sama dengan tahun 2016 yang lalu. “Institusi pendidikan (Universitas/Institut/Sekolah Tinggi/Akademi) dengan akumulasi nilai juara terbanyak akan membawa pulang Piala Bergilir Menteri Ristek Dikti, pendaftaran online dapat diakses mulai 15 Juli s.d 15 Oktorber 2017 di www.utu.ac.id, dan kontak person di 085261426282 (ikhsan) ” jelas Ikhsan.