Jakarta – Belajar di luar negeri merupakan impian sebagian besar pelajar di Indonesia. Sensasi materi yang berbeda ditambah lingkungan perkuliahan yang berbeda merupakan daya tarik tersendiri sehingga tak jarang para pelajar di Indonesia memutuskan untuk melanjutkan studinya diluar negeri. Namun kesempatan ini sayangnya tidak bisa dirasakan semua orang karena untuk memiliki kesempatan belajar diluar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Beasiswa merupakan angin segar bagi para pelajar berprestasi yang ingin belajar diluar negeri namun belum memiliki cukup biaya.
Beasiswa juga menjadi salah satu penyemangat para pelajar untuk belajar lebih giat lagi, karena tidak sedikit negara-negara tetangga yang memberikan peluang bagi pelajar Indonesia yang berprestasi untuk melanjutkan studinya di negara mereka. seperti 215 pelajar Indonesia yang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di Tiongkok dalam bidang budaya, bahasa, kedokteran, dan teknik.
Senin (21/8), Nada Marsudi, Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti menghadiri undangan yang di selenggarakan Duta Besar Republik China untuk Indonesia dalam acara Upacara Penyerahaan “Admission Letter” Kepada Penerima Beasiswa Pemerintah Tiongkok Angkatan Tahun 2017 yang di danai oleh Bank Of China di Hotel Sahid Jaya Jakarta.
Sebagai perwakilan dari Pemerintah Indonesia, Nada Marsudi menyampaikan apresiasi kepada Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atas keberlanjutan kesempatan pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya di Tiongkok.
“Atas nama Pemerintah Indonesia saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah RRT atas keberlanjutan program beasiswa kepada generasi muda Indonesia untuk menimba ilmu di negeri Tiongkok. Tahun ini sebanyak 215 beasiswa di berbagai jurusan. Jumlah ini meningkat sekitar 11 kali dari tahun sebelumnya,” ucap Nada.
Di penghujung sambutannya, Nada Marsudi mengingatkan pelajar Indonesia yang akan menimba ilmu di Tiongkok untuk kembali ke tanah air dan mengabdikan ilmunya untuk kemajuan bangsa Indonesia.
“Selepas belajar dengan baik dan memperoleh nilai yang memuaskan, jangan lupa untuk kembali ke Tanah Air Bawalah Merah Putih dan Garuda didadamu. Karena Indonesia akan selalu menjadi Tanah Air Beta,” tutupnya.(TJS)

Galeri