Kembali ke Desa Cihideung Ilir, Mahasiswa IPB University Tanamkan Cita-Cita Anak Sejak Dini

Lewat program Terang Masyarakat (TEMA), sejumlah organisasi mahasiswa (Ormawa) IPB University melakukan kolaborasi untuk mengedukasi anak-anak di wilayah Desa Cihideung Ilir, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan bersama atas kerjasama tiga ormawa IPB University, meliputi Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (BEM FMIPA), Himpunan Profesi Gamma Sigma Beta (GSB), serta Community of Research and Education in Biochemistry (CREBs). 

“Memasuki pertemuan ke-empat, pekan ini sekaligus mengakhiri program TEMA yang telah kami lakukan di Desa Cihideung Ilir. Sebanyak 17 anak turut berpartisipasi aktif. Acara ini dibuka dengan sebuah pertanyaan: Apa itu cita-cita?” ujar Selnis Prassiska selaku panitia TEMA.

Baca Juga :  Modul Nusantara Pertukaran Mahasiswa Merdeka Belajar 2

Mahasiswa IPB University itu menerangkan, cita-cita adalah keinginan yang selalu ada dalam pikiran atau tujuan yang ditetapkan oleh diri sendiri. Berbagai profesi diperkenalkan pada anak-anak untuk menumbuhkan motivasi mereka meraih mimpi.

Selain menggunakan video, sebut Selnis, pengenalan profesi juga dilakukan dengan setiap anak menggambarkan cita-cita yang mereka inginkan pada selembar kertas. Anak-anak maju ke depan, menjelaskan kembali hasil karya berupa gambaran cita-cita mereka. Kreativitas demi kreativitas yang ditunjukkan menggambarkan kesan anak-anak terhadap rangkaian acara TEMA tahun ini.

“Senang sekali melihat adik-adik Desa Cihideung Ilir yang telah menyambut rangkaian acara TEMA kami dengan begitu antusias serta menggemaskan. Mimpi yang mereka punya juga saat ini sangat beragam dan mengesankan. Ada yang ingin menjadi guru, dokter, polisi, tentara dan sebagainya. Cita-cita yang mereka gambarkan diharapkan dapat menanamkan dan menumbuhkan mimpi-mimpi dan karakter dalam diri setiap anak,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  POJOK BACA CINTA #CERITABAIKDARINUSANTARA
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
335 Views