Penyelenggaraan PDD Politeknik Negeri Pontianak rintisan Akademi Komunitas Polewali Mandar telah melalui proses panjang, sejak 4 tahun yang lalu (2013) dimulai dengan penyusunan proposal oleh tim Polewali Mandar. Setelah melalui desk evaluasi dan visitasi dari tim Kemristekdikti, proposal yang diusulkan oleh tim Polewali Mandar diterima dengan dua program studi yaitu program studi Diploma 2 Teknik Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP) dengan konsentrasi pengolahan hasil pertanian dan Teknik Mesin dengan konsentrasi teknik pengelasan. Kemudian dilanjutkan dengan penyusunan rencana implementasi program (RIP) 2013 s.d 2016 oleh tim Polnep bersama tim Polewali Mandar. Akademi Komunitas di Polewali Mandar menerima mahasiswa baru angkatan pertama yang pada hari ini (Kamis, 31 Maret 2016) diwisuda sebanyak 31 lulusan yang terdiri dari 15 prodi teknik mesin dan 16 lulusan prodi TPHP, ujar Direktur Politeknik Negeri Pontianak Toasi Asha mengawali sambutannya. Diungkapkannya, memasuki tahun ke-4 PDD AK Polewali Mandar aktifitas dan proses pembelajaran semakin baik dan lancar. Namun diakuinya, masih ada kendala dengan minimnya minat masyarakat Polewali Mandar yang masuk di AK, ungkapnya. Direktur Politeknik Negeri Pontianak Toasin Asha berharap pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dapat memberikan dukungan sepenuhnya terutama dalam mensosialisasikan keberadaan AK Polewali Mandar di wilayah Kabupaten Polewali Mandar dan sekitranya. Sampai saat ini investasi peralatan dan sarana pembelajaran yang telah dibelanjakan dengan sumber anggaran Kemristekdikti sebesar 2,3 M.  Saya sangat senang pemerintah Polewali Mandar akan memberikan lahan seluras 5 hektar yang telah disetujui oleh DPRD Kabupaten Polewali Mandar untuk membangun kampus Akademi Komunitas Poleali Mandar yang saat ini dalam proses, ujarnya.

Akademi Komunitas merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi, dalam satu atau beberapa cabang ilmu pengetahuan dan teknologi tertentu yang berbasis keunggulan lokal atau untuk memenuhi kebutuhan khusus. Oleh karena itu, Akademi Komunitas Polewali Mandar di masa yang akan datang akan bisa menambah program studinya sesuai keunggulan lokal yang dimiliki atau berdasarkan kebutuhan dan tuntutan dunia usaha dan industri yang ada di Polewali Mandar dan derah sekitanya, harap Direktur Polnep. Lebih lanjut dijelaskannya, dengan adanya PDD AK Polnep di Kabupaten Polewali Mandar, maka akses masyarakat masuk ke perguruan tinggi semakin mudan dan ini akan berdampak langsung pada peningkatan kualitas SDM yang tentunya akan memberikan efek domino yang lebih luas pada berbagai sector kehidupan masyarakat, ujar Direktur Polnep Toasin Asha, Persaingan global saat ini tidak lagi cukup mengandalkan sumberdaya alam saja, tanpa dukungan sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karenanya, SDA yang kita miliki dikelola oleh SDM yang berkualitas agar produk hasil pengelolaan SDA itu akan mempunyai nilai tambah yang sangat tinggi. Pemerintah Polewali Mandar jangan ragu untuk melakukan investasi pada peningkatan dan pengembangan SDM yang bersifat jangka panjang, harapnya.

Direktur Polnep Toasin Asha mengingatkan para calon wisudawan bahwa kesuksesan dan keberhasilan yang dicapai sampai hari ini tidak terlepas dari peran serta dari berbagai pihak, terutama doa restu kedua orang tua, keluarga dan ketulusan para dosen dalam membimbing dan memberikan ilmu serta keterampilannya. Kepada para orang tua calon wisuda saya mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang diberikan menitipkan anak-anaknya untuk mengikuti pendidikan PDD AK Polewali mandar. Kami mohon maaf jika dalam proses mendidik anak bapak/ibu ada hal yang masih kurang berkenan dan belum sesuai dnegan harapannya, ujarnya mengakhiri sambutan.

Sementara itu, Wakil Bupati Polewali Mandar dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Polewali Mandar telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Desa setiap tahun minimal 1 orang mengirim untuk mengikuti pendidikan PDD Akademi Komunitas Polewali Mandar. Instruksi ini dalam rangka peningkatan kualitas SDM di desa untuk mengolah SDA yang ada di daerahnya. Ini merupakan salah satu dukungan pemerintah Polewali Mandar untuk membangun PDD AK menjadi salah satu perguruan tinggi yang diunggulkan, karena lulusannya sudah memiliki keterampilan sesuai dengan bidangnya masing-masing, ujarnya. Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Polewali Mandar dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya memberikan dukungan penuh berdirinya PDD AK yang dirintisan Politeknik Negeri Pontianak, yang salah satunya saat ini kita sudah menyetujui anggaran untuk lahan pembangunan gedung kuliah AK.

Wisuda pertama PDD Politeknik Negeri Pontianak Rintisan Akademi Komunitas dihadiri Wakil Bupati Polewali Mandar beserta SKPD, mantan Bupati Polewali Mandar periode 2009-2014, Ketua DPRD Polewali Mandar dan Ketua Komisi III DPRD Polewali Mandar, Setda Kabupaten Polewali Mandara, serta para muspida lainnya Dandim 1402, Kapolres, Asisten I, pimpinan perguruan tinggi di wilayah Polewali Mandar, para Camat se Kabupaten Polewali Mandar, para pimpinan dunia usaha dan industry, para Kepala SMU dan SMK se Kabupaten Polewali Mandar, keluarga besar wisudawan. Wisudah dilaksanakan di hotel Ratih  Polewali Mandar hari kamis, 31 Maret 2016. Dalam kesempatan itu, Direktur Politeknik Negeri Pontianak Toasin Asha menyerahkan cendramata atau piagam bagi lulusan terbaik di masing-masing jurusan yang disaksikan oleh Wakil Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Polewali Mandar.

(Erwandi / Humas Polnep)