#Siaran Pers Kemenristekdikti
Nomor : 50/SP/HM/BKKP/IV/2017

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 yang akan diselenggarakan di Kota Makassar pada tanggal 10 Agustus 2017 Kemenristekdikti akan memberikan apresiasi berupa Anugerah Karya Iptek dan Inovasi Nasional sebagai salah satu rangkaian acara HAKTEKNAS ke-22.

Penganugerahan Karya Iptek dan Inovasi Nasional akan diberikan kepada Perguruan Tinggi, industri, kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah, lembaga litbang, insan akademik, aktor-aktor inovasi ataupun masyarakat.

Secara garis besar, tujuan diadakannya Penganugerahan Karya Iptek dan Inovasi Nasional tahun ini adalah Mendorong peningkatan kemampuan, Membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi dan Memberikan dorongan kepada para pelaku inovasi agar dapat terpacu dalam mewujudkan ide kreatif dalam penciptaan nilai tambah, baik sebagai individu maupun melalui kemitraan dan kerjasama antar elemen inovasi.

Berdasarkan poin poin diatas, maka tim juri telah memutuskan nominasi calon penerima Anugerah Iptek 2017 sebanyak 5 peserta pada masing-masing kategori. Selanjutnya para calon penerima anugerah akan melakukan pemaparan di hadapan Tim Juri sebagai bagian dari proses seleksi untuk menetapkan pemenang Anugerah Iptek dan Inovasi Nasional pada di Ruang Rapat Gedung BPPT 2 Lantai 24 Jakarta.

Berkenaan dengan hal itu, hari ini 21 Juli 2017 para nominator dari kategori Widya Kridha yang terdiri dari Bandung Techno Park, Lembaga Swa Bina Prakarsa, Pro Indonesia, Teknopreneur Kitin Kitosan Indonesia dan Visio Incubator melaksanakan pemaparan terkait perencanaan, kapasitas SDM, infrastruktur, sarana prasana dan metode kerja, budaya inovasi, sistem informasi dan dokumentasi dan hasil inovasi. Tim juri yang bertugas Juri ialah Arif Budimanta selaku wakil ketua KEIN ( Komite Ekonomi dan Industri Nasional), Zaenal Arifin, perwakilan dari kementrian dalam negeri dan Adawiyah selaku penanggung jawab Anugerah Iptek.

Adapun untuk kategori Budhipura dan Budhipraja telah melakukan pemaparan materi pada tanggal 19 dan 20 Juli 2017 di gedung yang sama. Calon penerima Anugerah Iptek pada kategori Budhipura ialah Pemprov Jawa Barat, Lampung, Riau, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara. Adapun untuk kategori Budhipraja calon penerimanya ialah Kota Cimahi, Kota Magelang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Sragen. (TJS)