Atlet Panjat Tebing Siap Harumkan Nama Indonesia di ASEAN University Games 2024

Philipus Rinaldi Ama Payong Ata Mukin, mahasiswa Universitas Terbuka Tarakan adalah salah satu kontingen atlet Indonesia di ASEAN University Games (AUG) 2024. Atlet mahasiswa yang akrab disapa Aldi ini merupakan atlet panjat tebing (sport climbing) yang telah mengukir prestasi gemilang.

Terjun dalam cabang olahraga panjat tebing, Aldi menjadi kebanggaan Kalimantan Utara dengan berbagai pencapaian yang telah diraihnya. Baru-baru ini, ia berhasil menyabet medali emas dalam Kejuaraan Nasional Panjat Tebing di Aceh, mengalahkan pesaing dari berbagai daerah seperti Bali, Jambi, dan Sumatera Utara.

Perjalanan Aldi dalam dunia panjat tebing dimulai sejak kecil dengan dukungan penuh dari keluarganya. Keluarga Aldi selalu memberikan semangat dan dukungan moral yang kuat, membantu Aldi dalam setiap langkahnya untuk mencapai puncak prestasi. Berkat dedikasi dan kerja kerasnya, Aldi tidak hanya mengharumkan nama dirinya sendiri tetapi juga membawa nama baik Kabupaten Nunukan dan Provinsi Kalimantan Utara di kancah nasional dan internasional.

Keberhasilan Aldi juga tidak terlepas dari ketekunannya dalam berlatih dan kemampuannya mengatur waktu dengan baik. Ia selalu berusaha untuk membagi waktu antara kuliah dan latihan. Oleh karena itu, dengan kedisiplinan yang dimilikinya, ia bisa fokus untuk memberikan yang terbaik pada dunia panjat tebing.

Baca Juga :  Dari Barat ke Timur Nusantara: Kisah Pengalaman Magang Mahasiswa UMSU yang Temukan Rumah Kedua di Papua

Ia menekankan bahwa komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pihak kampus sangat penting agar dia bisa fokus pada dua tanggung jawab besar yaitu pendidikan dan olahraga.

Aldi adalah sosok inspiratif bagi banyak atlet muda. Persiapannya dalam menghadapi ASEAN University Games 2024 mencerminkan komitmennya yang luar biasa terhadap panjat tebing. Aldi berharap dapat memberikan yang terbaik untuk tim Indonesia di AUG 2024.

Semangat juang dan dedikasi tinggi Aldi dalam olahraga panjat tebing menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama bagi generasi muda yang ingin mengikuti jejaknya. Aldi adalah bukti nyata bahwa dengan semangat, dukungan, dan kerja keras, prestasi yang gemilang dapat diraih meski dengan tantangan yang ada.

Strategi Mempersiapkan Atlet Panjat Tebing Indonesia

Suhardi, seorang pelatih di Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), berperan penting dalam melatih atlet panjat tebing nasional. Para atlet yang dilatihnya berasal dari berbagai daerah seperti Denpasar, Bandung, Jawa Tengah, dan Kalimantan.

Dalam melatih para atlet, Suhardi tidak hanya fokus pada teknik dalam panjat tebing, tetapi juga pada pembinaan karakter dan kedisiplinan para atlet.

“Karena belum ada pusat latihan nasional, kami mengatur latihan mandiri di daerah masing-masing atlet. Setelah itu, berkumpul untuk pelatihan bersama selama dua hari di Surabaya,” terang Suhardi.

Baca Juga :  RekaTalks 2023: Kedaireka Bongkar Rahasia Sukses Pembangunan Berkelanjutan dengan Sinergi, Inovasi, dan Teknologi

Suhardi mengungkapkan pendekatan ini memungkinkan atlet tetap terhubung dengan lingkungan latihan lokal mereka sambil mendapatkan bimbingan intensif saat berkumpul. Ia yakin bahwa metode ini akan membuat para atlet tampil maksimal di kompetisi internasional, ASEAN University Games 2024 hingga Olimpiade University 2024. Dia berharap para atlet bisa menyumbangkan medali emas untuk Indonesia.

Selain melatih atlet, Suhardi juga aktif dalam kursus pelatih level 1 yang diadakan oleh FPTI. Kursus ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelatih lokal dan mencakup program pelatihan jangka panjang dan pendek. Dalam salah satu sesi, atlet Rusia Stanislav Kokorin diundang sebagai instruktur tamu untuk berbagi pengalaman dan metode pelatihan dari Rusia, memberikan wawasan internasional yang berharga.

Dengan pendekatan sederhana dan kolaboratif, Suhardi berkomitmen untuk terus meningkatkan prestasi panjat tebing Indonesia di level internasional. Dia percaya bahwa dengan persiapan yang baik dan dukungan yang tepat, para atlet Indonesia akan mencapai hasil terbaik dan mengharumkan nama bangsa.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : Satu Dikti
Tiktok : Ditjen Dikti

#KampusMerdekaIndonesiaJaya
#DiktiSigapMelayani

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
400 Views