Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Apresiasi Capaian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Jakarta, 14 Desember 2023 – Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi pencapaian pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh para dosen dan perguruan tinggi. Pada malam Anugerah Diktiristek 2023 yang dilaksanakan pada Rabu (13/12) di Jakarta, sebanyak 55 penghargaan Anugerah Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat diberikan kepada perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta, termasuk dosen berprestasi pelaksana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Terdapat 8 Kategori Anugerah Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat yang meliputi Kategori Penelitian (BIMA Award), Kategori Pengabdian Kepada Masyarakat (BIMA Award), Kategori  Apresiasi Pelopor Pelaksana Kosabangsa Tahun 2022 (Kosabangsa Award), Kategori Publikasi (Garuda Award), Kategori Hak Kekayaan Intelektual (Garuda Award), Kategori Dosen Berprestasi (SINTA Award), Kategori  Institusi dengan peningkatan Kinerja Terbaik periode 2020-2022 (SINTA Award), serta Kategori Institusi dengan total Sinta Skor terbaik periode 2020-2022 (SINTA Award).

Baca Juga :  Pengukuhan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Ditjen Diktiristek Masa Bakti 2019-2024

Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Diktiristek M. Faiz Syuaib mengatakan bahwa Anugerah Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan bentuk apresiasi kepada pemangku kepentingan DRTPM yang telah melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dibagi dalam beberapa kategori sesuai dengan lingkup serta capaiannya.

“Transformasi proses bisnis dan tata kelola program DRTPM yang berlangsung akseleratif dalam dua tahun terakhir ini mulai dapat dirasakan hasilnya, khususnya dalam peningkatan capaian yang fokus pada peningkatan kualitas, bukan hanya kuantitas semata. Platform SINTA dan BIMA turut mendorong perguruan tinggi untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas tinggi dan relevan yang berdampak bagi masyarakat,” ujar Faiz.

Science and Technology Index (SINTA), Basis Informasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BIMA), serta Garba Rujukan Digital (GARUDA) sebagai bagian transformasi Sistem Informasi dan Manajemen DRTPM dalam membangun sinergi dan kolaborasi perguruan tinggi menuju Indonesia unggul dijadikan Kategori Award dalam Anugerah Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut. Begitu pula dengan Program Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat (Kosabangsa) yang turut diapresiasi pelaksanaannya dalam Kategori Apresiasi Pelopor Pelaksana Kosabangsa Tahun 2022.

Baca Juga :  Plt. Ditjen Diktiristek Apresiasi Hasil Kerja dari Proyek AKSI ADB dan 4 in 1

Selain memberikan 55 penghargaan Anugerah Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat pada pelaksanaan Anugerah Diktiristek 2023, Ditjen Diktiristek melalui DRTPM turut meluncurkan Katalog Riset Perguruan Tinggi Bidang Fokus Pangan, Kesehatan dan Obat Tahun 2022. Buku Katalog Riset dihadirkan sebagai upaya memotret riset perguruan tinggi yang menggambarkan kekuatan serta keunggulan riset masing-masing perguruan tinggi untuk dapat dipetakan, disinergikan, dan dikolaborasikan dengan perguruan tinggi lainnya, baik nasional maupun internasional, termasuk lembaga/instansi pemerintah dan industri.

“DRTPM akan selalu mendorong dan memfasilitasi para dosen dalam melaksanakan kegiatan riset dengan anggaran Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) penelitian guna mendukung peningkatan kuantitas dan kualitas riset dan inovasi perguruan tinggi yang mampu menjadi solusi atas berbagai permasalahan di masyarakat, yang pada akhirnya akan turut mendukung peningkatan daya saing bangsa, dan kesejahteraan rakyat secara terprogram dan berkelanjutan,” pungkas Faiz.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
405 Views