IISMA Kirim 6 Mahasiswa ke Universitas Tertua dan Terbaik di Thailand, Chulalongkorn University

Jakarta- Sejumlah enam awardee Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 diberangkatkan ke Thailand pada tanggal 5 Agustus 2022 untuk mengikuti perkuliahan di Chulalongkorn University. Para awardee bertolak dari Cengkareng menuju Don Mueang International Airport di Bangkok.

“Setelah melalui pengecekan sertifikat vaksin, imigrasi, dan pengambilan barang, kami menuju Chula iHouse yang merupakan asrama di Chulalongkorn University. Kami dibantu oleh dua orang perwakilan dari Permitha Chula dalam proses check in serta pembelian beberapa perlengkapan dorm dan sim card. Tiba di Bangkok, kami kami semakin sadar pentingnya mempelajari mempelajari bahasa lokal. Kami pun sedang belajar lebih lanjut bahasa Thai karena kalau hanya bisa yang basic seperti greetings dan menanyakan arah saja sepertinya tidak bisa untuk survive di masyarakat,” ungkap Putri Faiqdini Baihaqi atau yang sering disapa Fay, Student Representative (SR) untuk Chulalongkorn University.

Meurut Fay, para awardee telah mengikuti dua orientasi yang diselenggarakan oleh Chulalongkorn University, yaitu orientasi kampus dan orientasi fakultas. Para awardee mengikuti kedua orientasi tersebut secara daring saat masih berada di Indonesia.

Baca Juga :  Indonesian International Student Mobility Awards optimalkan sinergi dengan kampus luar negeri

Chulalongkorn University merupakan universitas tertua di Thailand. Universitas yang terletak di Bangkok ini menduduki peringkat satu universitas terbaik di negaranya. Menurut Ketua Program IISMA Rachmat Sriwijaya, ini adalah kali pertama IISMA mengirimkan mahasiswa ke Chulalongkorn University. Diharapkan keenam awardee dapat memperoleh banyak hal baru yang dapat memperkaya pengalaman mereka.
Sehari sebelum keberangkatan ke Thailand, para awardee juga mengikuti pelepasan yang dihadiri oleh Wakil Ketua PMO MBKM Kemendikbud Ristek, perwakilan dari KBRI, Perwakilan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, orang tua awardee, serta jajaran pimpinan IISMA.
Dalam sambutannya, Junaidi selaku Wakil Ketua PMO MBKM Kemendikbudristek mengucapkan selamat kepada para awardee yang telah berhasil terpilih dalam program IISMA. “Selamat kepada adik-adik mahasiswa yang berhasil ikut dalam program flagship ini. Program IISMA ini bisa dibilang ‘program premium’ yang memberikan banyak kesempatan dan pengalaman luar biasa. Semoga nantinya pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh bisa menginspirasi adi-adik kelas kalian,” ungkapnya.
Sementara itu, Atdikbud KBRI Bangkok Achmad Wicaksono menekankan bahwa dalam perjalanan ini para awardee ini juga membawa nama bangsa Indonesia, sehingga penting untuk menjaga norma dan adat-istiadat, serta menghormati aturan dan kepercayaan masyarakat lokal. “Lokasi kampus Chulalongkorn sangat dengan kantor kedutaan. Saya harap teman-teman mahasiswa nanti dapat berkunjung dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan, serta jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan,” tambahnya.

Baca Juga :  Plt.Dirjen Dikti: Diperlukan Semangat Gotong Royong dan Energi Positif dalam Perjuangan Menghadapi Covid-19

Keenam awardee akan memulai perkuliahan di Chulalongkorn University pada tanggal 8 Agustus 2022, dan akan kembali ke tanah air pada pertengahan bulan Desember mendatang. Dengan pembekalan yang telah diberikan oleh IISMA, para awardee yakin dapat beradaptasi dengan baik, mempromosikan Indonesia melalui kegiatan pertukaran budaya, dan siap menimba ilmu sebanyak-banyaknya di Chulalongkorn University.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1160 Views