Ilmu Aktuaria, Prodi Baru dengan Prospek Menjanjikan

Jakarta – Program Studi Ilmu Aktuaria mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi lulusan aktuaria yang memiliki kemampuan akademis dalam ilmu aktuaria. Ilmu aktuaria sendiri merupakan bidang ilmu irisan dari beberapa bidang ilmu seperti matematika, peluang dan statistika, ekonomi, keuangan, dan juga komputasi. Selain itu Program Studi Ilmu Aktuaria juga mempelajari berbagai bidang lainnya seperti matematika  (kalkulus, aljabar linear, persamaan differential), statistika dan peluang (Teori Peluang, Metode Statistika), makroekonomi dan mikroekonomi, keuangan, investasi, pengelolaan dan pemodelan risiko. Demikian dijelaskan Kepala Program Studi Ilmu Aktuaria President University, Maria Yus Trinity.

Maria mengatakan bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar Program Studi Ilmu Aktuaria dapat mempersiapkan diri dengan mengikuti tes yang disyaratkan oleh program studi dan universitas tujuan, dan juga memantapkan diri untuk masuk ke perkulihan yang di dalamnya adalah bidang matematika, statistika, ekonomi.

Baca Juga :  Kemendikbud Luncurkan Merdeka Belajar Episode Keenam: Transformasi Dana Pemerintah untuk Pendidikan Tinggi

Di sisi lain Program Studi Ilmu Aktuaria terbuka bagi jurusan IPS atau lulusan SMK sekalipun.

“Menurut saya, mungkin saja. Namun perlu ditekankan kepada calon mahasiswa bahwa matematika, peluang dan statistika adalah dasar ilmu dari program studi ini, sehingga para calon mahasiswa dapat memikirkan dengan baik apakah mereka memang minat pada bidang ini atau tidak,” jelas Maria.

Maria menambahkan bahwa Program Studi Ilmu Aktuaria ini masih belum dikenal banyak orang, terutama di Indonesia. Adapun yang mengetahui keberadaan program studi ini, namun tidak begitu memahami tentang program studi ini sehingga diperlukan pengarahan kepada masyarakat mengenai Program Studi Ilmu Aktuaria.

Di samping itu, mengenai prospek kerja Ilmu Aktuaria, Maria mengatakan jika dilihat kebutuhan lapangan akan tenaga aktuaris, maka menurut saya prospek kerja lulusan aktuaria sangat bagus. Para lulusan aktuaria dapat bekerja pada industri asuransi dan keuangan lainnya seperti, perbankan, pembiayaan, investasi dan masih banyak lainnya.

Baca Juga :  Prinsip Penting dalam Pengembangan Kurikulum: Learning Outcomes dan Berkualitas Global

Program studi ini merupakan program studi baru namun memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Maria mengaku senang menjadi bagian dari program studi ini, namun sekaligus menjadi tantangan buatnya karena program studi ini baru di Indonesia.

“Pesan saya kepada calon mahasiswa Peogram Studi Aktuaria, program studi ini sangat bagus dan memiliki prospek masa depan yang bagus, namun calon mahasiswa juga tetap harus mempertimbangkan minat dan kemampuan mereka sebelum memilih dan memasuki program studi mana saja termasuk Aktuaria,” tambah Maria

Humas Ditjen Dikti
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 4.33 out of 5)
Loading...
2761 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x