Kuliah Kerja Nyata (KKN) Wujudkan Program Kampus Membangun Desa

Jakarta- Pandemi merupakan tantangan untuk terus menumbuhkan semangat belajar, menimba ilmu, dan mengabdi untuk masyarakat. “Di masa pandemi ini kita dihadapkan dengan suatu situasi yang tidak menentu, penuh tantangan dan membutuhkan semangat yang tinggi untuk terus belajar, menimba ilmu, dan mengabdi untuk masyarakat,” ucap Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam, pada Pembukaan KKN Inovasi Universitas Jember bertema “Panggung Inovasi KKN Back to Village” yang diselenggarakan oleh Universitas Jember (UNEJ), Selasa (8/9).

Nizam memberikan selamat dan apresiasi untuk UNEJ yang terus mengawal KKN untuk mewujudkan kampus sebagai sumber mata air bagi masyarakat, bangsa dan negara. KKN tidak hanya sebagai tambahan SKS bagi mahasiswa, tapi juga sebagai wadah pendidikan karakter untuk lebih peduli pada masyarakat.

“KKN ini tidak hanya sebagai mata kuliah atau tambahan SKS tapi bentuk karakter mahasiswa untuk lebih peduli kepada masyarakat dan memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dijumpai,” ucap Nizam.

Nizam turut memaparkan berbagai program yang saat ini berjalan dan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk turut terlibat diantaranya Kampus Mengajar untuk membantu guru dalam pembelajaran siswa SD/SMP, Kampus untuk Membangun Budaya Sehat, Kampus Membangun Desa baik di bidang pasca panen, rantai pasok, perekonomian digital, in-farm/off-farm, dan Kampus untuk Pemulihan Ekonomi.

Pada akhir penyampaiannya, Nizam berharap dengan adanya program KKN ini mahasiswa dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat untuk bersama-sama melawan penyebaran virus Covid-19 ini. Ia pun menekankan penerapan 3M, yang terdiri dari menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak/menghindari kerumunan.

“Saya sangat berharap mahasiswa sebagai agen perubahan masyarakat dapat memberikan contoh yang baik untuk bersama-sama masyarakat melakukan upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 ini,” harap Nizam.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/RMB/MSL)

Humas Ditjen Dikti
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan