Kunjungi Sumut, Plt. Dirjen Diktiristek Dorong Kampus Hindari Intoleransi

Medan – Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam, mengajak sivitas akademika perguruan tinggi untuk menjadi insan-insan yang toleran serta menghindari segala bentuk intoleransi di kampus. Hal ini disampaikan Nizam saat memberikan arahan di hadapan sivitas akademik Institut Kesehatan Deli Husada pada Rabu (2/9).

“Kampus memiliki peran menjadi contoh masyarakat yang egaliter, saling asah asih asuh, dan inklusif”, papar Nizam.

Lebih lanjut Nizam menyampaikan pesan Mas Menteri tentang tiga dosa besar yang harus dihindari oleh kampus. Ada tiga hal yang tidak boleh terjadi di lingkungan perguruan tinggi , yaitu intoleransi, peredaran narkoba dan miras, dan perundungan dan kekerasan seksual.

“Tiga dosa besar ini tidak boleh terjadi di kampus. Upaya-upaya saling menghargai dan saling mendukung untuk tumbuh lebih baik harus dikembangkan di kampus”, tegas Nizam.

Baca Juga :  Upaya UMN Cegah Penyebaran Virus Corona

Dosa besar kedua yang harus dihindari kampus adalah peredaran/penyalahgunaan miras dan narkoba. Nizam menekankan bahwa kampus harus bebas dari aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan peredaran miras maupun penyalahgunaan narkoba baik oleh sivitas akademika maupun masyarakat di lingkungan kampus.

Ketiga yaitu perundungan dan kekerasan seksual. “Ini jangan sampai terjadi di Kampus. Kampus merupakan tempat yang ramah dan aman. Kampus merupakan tempat tumbuhnya potensi dan pengembangan diri mahasiswa”, harap Nizam.

Lebih lanjut Nizam menjelaskan bahwa dengan menghindari tiga dosa besar tersebut perguruan tinggi dapat berfokus dalam upaya-upaya menyiapkan insan-insan yang profesional dan kompeten serta pengembangan potensi mahasiswa dalam menghadapi masa depan.
Pada kunjungan kerja di Sumatera Utara ini, Nizam mengapresiasi berbagai upaya perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan tridharma pendidikan tinggi dengan melakukan berbagai inovasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Baca Juga :  Ditjen Diktiristek Jajaki Peluang Kolaborasi Riset dengan CSIRO untuk Akselerasi Bangun Ekosistem Inovasi

Dalam dua hari kunjungan kerja di Sumatera Utara, selain bertemu dengan sivitas akademik Institut Kesehatan Deli Husada, Nizam juga meresmikan Laboratorium Terpadu dan OSCE Center Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia, dan turut serta dalam peninjauan perkembangan proyek Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Turut serta dalam kunjungan kerja ini Direktur Kelembagaan Ridwan, Direktur Sumber Daya Sofwan Effendi, dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Ibnu Hajar.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
856 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x