Lab FK Unand Sudah Bisa Uji Sampel Covid 19 hari ini

Padang – Laboratorium Dioagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sudah bisa melakukan uji sampel pasien terpapar Corona Virus 19 (Covid) terhitung hari ini (24/3).

“Semua sarana prasarana yang akan digunakan sudah siap, namun ia masih menunggu Alat Pelindung Diri (APD) dulu,”  ujar Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Dr. dr. Rika Susanti, SpF.

Disampaikannya Reagennya sudah sampai kemarin dan sudah bisa dilakukan pemeriksaan untuk 100 sampel Covid 19.

Dijelaskannya untuk tenaga laboratorium tersebut pihaknya menempatkan 15 orang dan perharinya menugaskan enam orang dengan kebutuhan APD per hari enam set karena alat tersebut hanya bisa digunakan sekali pakai.

Sebelumnya Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH menyebutkan uji sampel pasien Corona hasilnya bisa didapatkan dalam sehari selesai atau maksimal 24 jam di Laboratorium Fakultas Kedokteran.

“Sarana prasarana serta sumber daya manusia kami sudah memadai, setidaknya untuk diagnosis awal COVID-19, hasilnya bisa diketahui positif atau negatif,” ujarnya.

Dikatakannya dengan hasil labor yang bisa didapatkan dalam 24 jam, pemerintah daerah dan pihak terkait bisa lebih cepat mengambil kebijakan dalam penanganan pasien suspect corona.

“Sampel pasien di Sumatera Barat tak perlu lagi dikirim ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan, karena pengujian sampel pasien terduga Covid-19 sudah bisa dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas,” ujarnya.

Ditambahkannya selama ini pengujian sampel di seluruh Indonesia dilakukan Balitbangkes Kemenkes sehingga hasil sampel pasien baru keluar minimal setelah empat hari.

“Ini juga sekaligus bentuk pengabdian Universitas Andalas untuk masyarakat Sumatera Barat,” tekannya. (HumasUnand)