Perkuat Kolaborasi Perguruan Tinggi, Ditjen Diktiristek Gelar Musyawarah Forum Wakil Rektor Bidang Kerja Sama

SURABAYA – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) menggelar Musyawarah Forum Wakil Rektor Bidang Kerja Sama (Forwarek) pada Jumat (17/6) dan Sabtu (18/6). Kegiatan yang dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), para pejabat eselon II Ditjen Diktiristek, Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat serta perwakilan Forwarek dari berbagai perguruan tinggi negeri tersebut bertujuan untuk memperkuat kerja sama perguruan tinggi, baik skala nasional maupun internasional, sekaligus menetapkan kepengurusan Forwarek periode 2022-2024.

Forwarek merupakan forum yang dibentuk untuk meningkatkan kualitas kerja sama perguruan tinggi dan lulusannya, melalui pengembangan wawasan kapasitas tata kelola kerja sama, serta strategi pengembangan kerja sama perguruan tinggi untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Plt. Dirjen Diktiristek, Nizam merasa bangga dengan kualitas perguruan tinggi di Indonesia yang saat ini kian dipertimbangkan di kancah dunia. Lima perguruan tinggi Indonesia telah masuk ke dalam jajaran perguruan tinggi terbaik dunia. Sehubungan dengan itu, jumlah dosen di Indonesia saat ini yang begitu besar menunjukkan potensi yang luar biasa untuk terus meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

Baca Juga :  Antisipasi COVID-19, IPB University Bagikan Hand Sanitizer dan Semprot Desinfektan

“Ini adalah saat yang sangat tepat untuk memperkuat perguruan tinggi kita melalui kolaborasi antar perguruan tinggi atau perguruan tinggi dengan mitra strategisnya. Kita akselerasikan melalui program-program MBKM maupun program Kedaireka. Apabila kita bisa memanfaatkannya dengan terus berkolaborasi, maka akan sangat berdampak pada kemajuan perguruan tinggi di Indonesia,” jelas Nizam.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Digitalisasi, dan Informasi Universitas Airlangga, Muhammad Miftahussurur terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forwarek Periode 2022-2024. Miftahussurur menyatakan bahwa Forwarek menjadi wadah untuk berkomunikasi, berinteraksi, berdiskusi, dan bertukar informasi, serta memperluas jejaring kerja sama potensial bagi seluruh wakil rektor bidang kerja sama perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Ia berharap Forwarek sebagai forum yang beranggotakan berbagai macam bentuk perguruan tinggi akan dapat berkontribusi dan memberikan dampak melalui kerja sama yang terjalin.

Baca Juga :  Refleksi Sumpah Pemuda Melalui Program Kampus Merdeka

“Mari kita maksimalkan potensi di kampus masing-masing. Kalau minimal satu dosen berkawan dengan dosen atau peneliti lainnya, kemudian kita berinovasi, maka akan muncul kerja sama baru,” ujar Miftah .

Melalui forum ini, diharapkan semangat melanjutkan estafet sinergi positif yang dapat memaksimalkan potensi kerja sama perguruan tinggi sehingga mampu memberikan kontribusi kepada seluruh komponen sivitas akademika dan lapisan masyarakat.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
2373 Views