BEM FISIP UNDIP Dukung SDGs Dengan Program FISIP Mengajar

Untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) nomor empat, yaitu mengenai Quality of Education, Bidang Pengabdian Masyarakat BEM FISIP Undip melaksanakan kegiatan FISIP Mengajar untuk dapat mengembangkan potensi kreatif anak-anak Kelompok Bermain (KB) Melati melalui kegiatan bermain, berkreasi, dan mempelajari hal yang bermanfaat dalam jangka waktu yang panjang (sustainability). Kegiatan ini berlangsung dalam kurun waktu Oktober hingga November 2022 yang dilaksanakan di KB (Kelompok Bermain) Melati, Desa Ngadikerso, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang.

FISIP Mengajar merupakan program kerja turunan dari program kerja FISIP untuk Negeri (FUN) Bidang Pendidikan. Tahun ini, FISIP Mengajar mengusung tema “Meningkatkan Pendidikan di Indonesia dengan Mencerdaskan Generasi Penerus Bangsa yang Kreatif”. Menurut Adel selaku penanggung jawab program kerja FISIP Mengajar, alasan Bidang Dimas BEM FISIP Undip memilih Desa Ngadikerso sebagai tempat FISIP Mengajar disebabkan desa tersebut memiliki hubungan mitra dengan BEM FISIP Undip. Desa ini juga memiliki anak-anak berusia 2 hingga 4 tahun untuk dilatih dan dikembangkan potensinya.

Baca Juga :  2 Tim Mahasiswa Unsri Berhasil Raih Medali Emas di Ajang KIWIE 2022

“Kegiatan ini memang sudah ada dari tahun sebelumnya, tetapi tahun ini kami memberikan inovasi kegiatan yang bersifat sustainability, yaitu dilakukan dalam empat kali pertemuan. Rangkaian kegiatannya pun berbeda dari tahun sebelumnya. Minggu pertama diawali dengan pembukaan kegiatan, lalu dilanjutkan dengan kegiatan menanam sayur kangkung dan edukasi mencuci tangan yang baik.  Lalu, pada minggu berikutnya, terdapat kegiatan cooking class bola-bola ubi, penyuluhan sikat gigi, membuat hiasan dinding, melukis, dan diakhiri dengan penutupan serta pemberian goodie bag untuk anak-anak di KB Melati,” ungkap Adel.

FISIP Mengajar telah melewati persiapan kurang lebih sekitar tiga bulan dengan tahapan melakukan survei tempat, menyusun dan mengusulkan proposal, mengajukan dana kegiatan, dan memeriksa kelengkapan kebutuhan kegiatan. Program kerja ini didukung penuh oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undip, BEM FISIP Undip, dan PT Aimtopindo Nuansa Kimia yang turut mendukung pendanaan selama kegiatan berlangsung.

Baca Juga :  Perdana Ikut, Bayucaraka ITS Sabet Tiga Juara Sekaligus di Singapura

Adel menyatakan bahwa dengan terlaksananya FISIP Mengajar ini, warga sekitar memberikan respons yang positif. Dalam hal ini, orang tua murid sangat mendukung kegiatan FISIP Mengajar. Pihak guru pun menyambut kegiatan ini dengan baik dan memfasilitasi serta turut ikut mendampingi kegiatan FISIP Mengajar hingga selesai. Anak-anak pun sangat antusias saat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sampai akhir.

Adel pun berharap, kegiatan FISIP Mengajar dapat terus dirasakan oleh anak-anak di desa lain, tidak hanya di KB Melati saja. Program FISIP Mengajar ini dapat memberikan contoh sistem program kerja yang mendukung terwujudnya pendidikan yang berkualitas khususnya di Kabupaten Semarang.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
708 Views