ESL Edufest On Air 1.0 Sosialisasikan Program Studi Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan IPB University

Program Studi (Prodi) Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL) IPB University adalah satu-satunya program studi bidang ini di Indonesia dan di Asia Tenggara. Prodi ini ada di bawah Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (ESL FEM).

Untuk mensosialisasikan Prodi tersebut, Departemen ESL menggelar ESL Edu Fest On Air 1.0 (20/3). Ada sekitar 200 siswa dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) dari berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti acara ini.

“Education Festival on Air 1.0 bertujuan untuk memperkenalkan keilmuan ESL yang merupakan program studi yang konsen pada ekonomi sumberdaya dan lingkungan pertama di Indonesia kepada para pelajar SMA. ESL merupakan ilmu yang memperhatikan keseimbangan antara ekonomi, sosial, pertanian, sumberdaya, dan lingkungan dalam perspektif pengelolaan yang berkelanjutan,” ujar Dr Ahyar Ismail, Ketua Departemen ESL.

Baca Juga :  Fokus di Bidang Kecerdasan Artifisial dan Kesehatan, ITS Resmikan PUI-AIHeS

Kegiatan ESL Edu Fest kali ini mengusung tema Great Learner to Bring Sustainable Nature. Tema ini menggambarkan generasi para pembelajar yang cerdas, inovatif, unggul, dan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup antar generasi demi mewujudkan pengelolaan alam yang berkelanjutan. Rangkaian kegiatan ini terdiri atas penyampaian insight melalui beberapa narasumber dari berbagai sisi keahlian, guest speaker, dan penampilan hiburan secara interaktif yang ditujukan kepada peserta agar termotivasi, mempunyai pandangan lebih luas, dan memiliki minat terhadap Departemen ESL.

Prof Yusman Syaukat selaku Guru Besar IPB University dari Departemen ESL hadir sebagai pembicara dan membawakan topik Mencari dan Mendidik Generasi Muda ESL yang Cerdas, Inovatif dan Kreatif dalam mencapai SDGs Indonesia. Menurutnya dengan adanya keseimbangan antara aspek ekonomi, sumberdaya dan lingkungan serta peran keilmuan ESL dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan dapat memberikan pandangan baru dalam pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan.

Baca Juga :  Depok, 24 Juni 2021. Mencermati beredarnya berbagai publikasi yang menggunakan Nama, Logo, dan/atau Merek Universitas Indonesia (UI) tanpa hak, maka melalui Siaran Pers ini kami menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

Hadir juga Alumni ESL, Aulia Rahma, SE selaku Social Foresty Data Processor di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Deanty Mulia Ramadhani selaku PhD Candidate-Climate Change & Energy Transition Sophia University, Japan dan Syarif Yurizdiana selaku Campaign Activation #TukarBaju Zero Waste Indonesia.

Dalam kegiatan ini Aulia menyampaikan topik ESL to The World dan menceritakan isu-isu kerusakan lingkungan yang nantinya akan diimplementasikan melalui kajian yang ada di ESL. Selain itu, ia juga membahas tentang prospek lulusan ESL dan benefit yang didapatkan jika masuk ke Departemen ESL.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
416 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x