FIK UNIMED Kenalkan Olahraga Pickleball Sebagai Cabor Baru di Sumut

“Pickleball adalah olahraga bola padel (mirip dengan olahraga raket) yang menggabungkan unsur tenis, bulu tangkis, dan tenis meja. Untuk itu harapan kita semua Pickleball menjadi suatu bentuk inovasi baru dalam meraih prestasi,” Ujar Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed Dr. Budi Valianto, M. Pd dalam sambutannya di Kuliah Umum dan Sosialisasi Cabang Olahraga Pickleball di FIK UNIMED. (03/12/2020)

Kegiatan kuliah umum dan sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan UNJ Susilo, M.Pd.,D.Ed, kegiatan ini dibuka oleh Dekan FIK Unimed, diikuti juga oleh Wakil Dekan, Fungsionaris, Dosen dan Mahasiswa di Fakultas Ilmu Keolahrgaan Unimed, Disporasu, STOK Bina Guna, Universitas Cut Nyak Dien Langsa serta beberapa perwakilan kabupaten/kota yaitu Kota Medan, Kota Binjai, Kota Tebing Tinggi, Keb. Deli Serdang, Kab. Tapanuli Utara, Kab. Simalungun, Kab. Serdang Bedagai, Kab. Padang Lawas, Kab. Tanah Karo dan Kab. Asahan. Sekaligus perwakilan kab/kota diberi amanah untuk mengembangkan dan membentuk kepengurusan pengcab. Pickleball di kab/kotanya masing-masing.

Baca Juga :  Universitas PGRI Palembang Semakin dirasakan Eksistensinya Bagi Masyarakat Bangka Barat

Dilain kesempatan WD 2 FIK Dr. Imran Akhmad, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya FIk untuk menjadi pusat pengembangan olahraga di Sumut terutama cabang olahraga baru. Beliau menambahkan bahwa kegiatan ini juga dijadikan titik tolak pendirian Pengurus Provinsi cabor pickleball Sumatera yang dimotori oleh FIK Unimed.

Susilo memberikan tutorial bagaimana cara bermain Pickleball. Pickleball sendiri adalah gabungan dari 3 cabang olahraga. Yaitu, tenis, bulutangkis dan tenis meja. Menggunakan lapangan bulutangkis dan net setinggi tenis, permainan dilakukan dengan minimal 2 orang atau bisa juga dengan pemain ganda.

Susilo mengajarkan bagaimana cara serve, menerima bola, memukul dengan paddle, dan bagaimana cara menaikkan tingkatan permainan Pickleball. Permainan ini bisa dimainkan di dalam maupun luar ruangan. Perbedaannya hanya pada bolanya. Bola yang digunakan di dalam ruangan lebih tebal dan memiliki sedikit lubang, sedangkan bola yang digunakan di outdoor lebih banyak lubangnya dan sedikit lebih tipis. “Pickleball sangat mudah dimainkan, karena tidak memerlukan power ketika memukul bola layaknya tenis, tidak memerlukan kecepatan tinggi seperti tenis meja atau bulutangkis. Namun Pickleball ini memerlukan konsentrasi dan feel saat menerima dan memukul bola.” Ujar Susilo.(Humas Unimed/fg)

Baca Juga :  Siapkan Lulusan Kompeten dan Berdaya Saing Kuat, Unesa Siapkan Platform Pembinaan Karir
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1830 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x