FPIK IPB University Salurkan 190 Paket Bantuan ke Mahasiswanya yang Bertahan di Bogor

Siaran Pers
IPB University
No 252/SP.BIRKOM.IPB/III/2020
Bogor, 24 Maret 2020

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University bekerja sama dengan Himpunan Alumni FPIK, Agrianita FPIK dan Badan Eksekutif Mahasiswa FPIK menyalurkan 190 paket bantuan bagi mahasiwa FPIK yang masih bertahan dan menetap di Bogor, di tengah merebaknya wabah penyakit Covid-19, Hal ini merupakan tindak lanjut dari pembentukan Gugus Tugas Covid-19 di lingkup FPIK yang memang fokus pada penanganan dampak Covid-19 untuk sivitas akademika FPIK khususnya mahasiswa. 

Bantuan yang disalurkan pada 23/3  ini merupakan kontribusi dari para alumni FPIK di seluruh Indonesia yang disalurkan melalui Gugus Tugas Covid-19 FPIK. Paket bantuan berisikan pembersih tangan (hand sanitizer), sabun cair, masker, vitamin serta paket makanan dan minuman yang didistribusikan secara bertahap oleh relawan-relawan mahasiswa dengan pola sel, ke kos masing-masing mahasiswa, sesuai protokol keamanan dan kesehatan Covid-19 yang telah dikeluarkan oleh IPB University.

 “Kami menyadari ada 190 lebih mahasiwa FPIK yang bertahan hidup di Dramaga, Bogor, di tengah makin seriusnya wabah COVID-19. Sebagian memilih bertahan karena masih melaksanakan penelitian, sebagian lagi karena kesulitan transportasi pulang ke kotanya,” jelas Dekan FPIK, Luky Adrianto, PhD. Menurut Luky, dengan diberlakukannya pembatasan kegiatan di kampus dan lingkungan tempat tinggal mereka, para mahasiswa tersebut berada dalam kondisi amat rentan dan dapat mengalami kesulitan memperoleh bahan makanan, minuman, serta obat-obatan.

“FPIK mencoba membantu dengan harapan mereka memiliki persediaan peralatan kesehatan yang cukup dan bahan makanan yang memadai,” ujar Luky, peraih gelar Doktor dari Universitas Kagoshima, Jepang, yang memimpin FPIK sejak 2015 ini.

FPIK IPB University membuka dompet donasi, baik berupa uang maupun barang, bagi civitas akademikanya termasuk para alumni, untuk dapat terus menyalurkan bantuan hingga wabah mereda.

“Dukungan finansial bisa ditransfer ke No Rekening BRI 00000206-01-000914-30-2 Atas nama HA-FPIK IPB, dengan menambahkan Rp 20,- pada jumlah transfer donasinya,” ujar Dr Taryono Kodiran, SPi, MSi, yang ditunjuk sebagai Koordinator Gugus Tugas Mitigasi Covid-19 FPIK dan HA-FPIK.

Selain paket bantuan, FPIK juga berinisiatif mengumpulkan data dan membuat jaringan komunikasi seluruh mahasiswa FPIK yang menetap di Dramaga sehingga memungkinkan bagi FPIK untuk dapat terus memonitor kondisi para mahasiswa, jika sewaktu-waktu memerlukan bantuan.