FSR ISI Yogyakarta Selenggarakan Pameran Seni Rupa bertajuk Kebangkitan Seni Rupa di Era New Normal

Fakultas Seni Rupa (FSR) ISI Yogyakarta menyelenggarakan pameran seni rupa bertajuk “Kebangkitan Seni Rupa di Era New Normal”. Pemeran ini diselenggarakan pada tanggal 14 sampai dengan 21 Juni 2021 dengan konsep blanded , yaitu menggabungkan konsep pemeran secara luring dan daring. Pemeran luring diselenggarakan di tiga tempat yaitu Galeri RJ Katamsi, Galeri Fadar Sidik  dan Program Studi di lingkungan FSR ISI Yogyakarta. Pemeran di Galeri RJ Katamsi menampilkan koleksi terpilih dari Program Studi, untuk pemeran di Geleri Fajar Sidik menampilkan pemeran hasil lomba menggambar yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis ke 37  ISI Yogyakarta dan pameran yang diselenggarakan di Program Studi menampilkan karya dosen, mahasiswa FSR ISI Yogyakarta. Untuk pemeran daring atau virtual dapat diakses melalui https://pameranfsr.isi.ac.id/. Pameran ini terbuka untuk masyarakat umum dan untuk mengaksesnya masyarakat diminta untuk menjaga protokol kesehatan.

Tajuk pemeran “Kebangkitan Seni Rupa di Era New Normal” diambil dari tema Dies Natalis ke 37  ISI Yogyakarta. Tema ini diambil sebagai bentuk kontrobusi ISI Yogyakarta kepada masyarakat dengan menampilkan format baru dalam kegiatan berkesenian, yaitu dengan pameran secara daring atau dan luring yang memperhatikan protokol kesehatan. Pandemi bukan menjadi penghalang kegiatan berkesenian tetapi justru mendorong inovasi format aktivitas berkesenian.

Baca Juga :  ITS Pertahankan Peringkat di Webometrics

Pemeran  bertajuk “Kebangkitan Seni Rupa di Era New Normal”diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke 37 ISI Yogyakarta. Pembukaan pemeran dilaksanapakan pada hari Senin, 14 Juni 2021, pukul 10.00 WIB dan bertempat di Galeri RJ Katamsi ISI Yogyakarta. Pembukaan pemeran diawali dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan dilanjutkan dengan sambutan dari Koordinator Pameran dari  Fakultas Seni Rupa Drs. Anusapati, M.F.A. yang memberikan laporan singkat penyelenggaraan pameran dan lomba-lomba dalam rangka  Dies Natalis ISI Yogyakarta. Acara selanjutnya adalah sambutan dari Ketua Panitia Dies Natalis ke 37  ISI Yogyakarta, Dr. Sarjiwo, M.Pd. yang memberikan informasi seputar kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis ke 37 ISI Yogyakarta. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dekan FSR ISI Yogyakarta, Dr. Timbul Raharjo. Setelah sambutan dari Dekan FSR ISI Yogyakarta, acara diteruskan dengan penyampaian penghargaan kepada para pemenang lomba menulis artikel dan lomba menggambar. Seremonial pembukaan pemeran ini ditutup dengan sambutan Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum dan pemukulan gong sebagai penanda dibukanya pemeran seni rupa ini. Dalam sambutanya Rektor ISI Yogyakarta menyampaikan bahwa pandemi tidak hanya hanya membatasi ruang gerak seniman tetapi momentum kembangkitan seni. Lukisan koleksi Denny JA berjudul “A Portrait of Denny JA: 40 Years in the World of Ideas” karya Galam Zulkifli yang terjual dengan harga 1 Miliar dalam lelang di opensea merupakan salah satu bukti kebangkitan seni.

Baca Juga :  Kolaborasi IPB University dan Bank BNI Berikan Layanan Terbaik untuk Pembangunan Pertanian

Acara dilanjutkan dengan memasuki Galeri RJ Katamsi untuk menyaksikan berbagai karya yang dipamerkan oleh Rektor ISI Yogyakarta dan diikuti oleh tamu undangan.

Rektor ISI Yogyakarta menyaksikan karya yang dipamerkan
Penyerahan penghargaan pemenang lomba

Sambutan Dekan FSR ISI Yogyakarta
Sambutan Koordinator Pemeran
Sambutan Ketua Panitia Dies
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
93 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x