Gencarkan Internasionalisasi, Departemen Matematika ITS Raih Pendanaan ORM

(dari kiri) Profesor Tokyo Institute of Technology Makato Yamashita, kepala Departemen Matematika ITS Subchan SSi MSc PhD, dan dosen Departemen Matematika ITS Sena Safarina SSi MSc DSc dalam riset kolaborasi hasil pendanaan Outbound Researcher Mobility (ORM)

Kampus ITS, ITS News – Departemen Matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali membuktikan komitmennya dalam mendukung internasionalisasi kampus. Bukan tanpa alasan, departemen tersebut berhasil memperoleh tiga pendanaan Outbound Researcher Mobility (ORM) untuk berkolaborasi dengan tiga perguruan tinggi di Jepang dan Inggris. 

Kepala Departemen Matematika ITS, Subchan SSi MSc PhD menjelaskan, ORM dihadirkan dengan memberikan kesempatan bagi dosen untuk melebarkan kolaborasi dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) yang termasuk 100 besar QS World University Ranking 2023. Menurutnya, perolehan pendanaan dari Direktorat Kemitraan Global (DKG) ITS ini mendorong internasionalisasi secara signifikan.

Melalui pendanaan ini, Subchan ditemani oleh dosen matematika ITS, Sena Safarina SSi MSc DSc dan mahasiswa PMDSU, Alvian Alif Hidayatullah, untuk melanggengkan riset kolaborasi di Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech) dan Shibaura Institute of Technology (SIT). Sedangkan satu dosen lainnya, Muhammad Syifa’ul Mufid SSi MSi DPhil, akan melalang buana menuju Birmingham university.

Baca Juga :  Akhir Oktober, Unpad Akan Mulai Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Dengan capaian ini, Departemen Matematika ITS siap terjun untuk memajukan civitas akademikanya dengan menuju tiga PTLN terbaik selama tujuh hari. Subchan dan tim juga siap untuk berfokus pada kemajuan dan memperkuat riset matematika dalam skala internasional. “Melalui ORM, tim juga menyepakati untuk melakukan joint research dan joint supervision,” tutur Subchan mantab.

Lebih lanjut, dalam riset kolaborasi di Tokyo Tech, tim Departemen Matematika ITS bersama Prof Makato Yamashita dan Prof Yoshihiro Kanno telah mendiskusikan riset yang berfokus pada bidang optimasi. Selain itu, Subchan juga bertemu dengan Kepala Departemen Mathematical and Computing Science, Takafumi Kanamori PhD, untuk membahas kerja sama antara dua departemen tersebut.

Baca Juga :  Koordinasi dengan Atdikbud Kedubes RI di Jerman, Untirta mendapat dukungan kolaborasi dengan Mitra Strategis di Jerman

Beralih ke Shibaura Institute of Technology (SIT), Subchan dan tim mendiskusikan persiapan Annual Global Project Based Learning (GPBL) bersama Profesor Guisheng Zhai dan timnya. Dengan kegiatan internasionalisasi Departemen Matematika tersebut akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2023 mendatang. Melalui program tersebut, mahasiswa SIT akan berkunjung ke Departemen Matematika ITS selama satu minggu. 

Pria asal Jombang ini berharap, dengan adanya program ORM ini mampu meningkatkan mobilitas internasional Departemen Matematika ITS. Tak hanya itu, gencarnya program internasionalisasi di Departemen Matematika ITS juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk turut andil dalam riset yang sudah ada. “Tak luput, program ORM juga ditargerkan dengan membawa dampak  besar bagi riset Indonesia,” pungkasnya yakin. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
521 Views