HUBBITS, Sepeda Tanpa Poros Besutan ITS

Hubless Bike ITS (HUBBITS), sepeda tanpa poros ramah lingkungan dengan desain futuristik dan ergonomis

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus berinovasi dalam mendukung program pemerintah Republik Indonesia, menuju Net Zero Emission tahun 2060. Kali ini ITS kembali menciptakan sebuah inovasi sepeda listrik tanpa poros, Hubless Bike ITS (HUBBITS).

Kepala Pusat Unggulan Iptek Sistem Kontrol Otomotif (PUI-SKO) ITS, Ir Mohammad Khoirul Effendi ST MScEng PhD menjelaskan, HUBBITS mempunyai lima fitur unggulan yang cerdas dan menarik. Fitur pertama adalah wireless charging yang dipasang pada velg sepeda dan dock parkir sepeda. Fitur ini memungkinkan HUBBITS mengisi daya saat tidak digunakan.

Fitur-fitur yang ada pada model sepeda berdesain futuristik tanpa poros, HUBBITS

Fitur kedua yang patut dicatat adalah pemilihan ban airless tire. Ban yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah ketidaknyamanan yang seringkali muncul saat menggunakan ban konvensional yang rentan terkena benda tajam dan perubahan tekanan ban yang ekstrem. Dengan ban ini, HUBBITS menawarkan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman.

Selanjutnya, fitur ketiga adalah hubless. Sesuai namanya, fitur ini membuat ban sepeda tidak menggunakan poros dan spoke. Fitur ini memungkinkan HUBBITS hanya mengandalkan rangka yang mengelilingi velg sebagai tumpuannya. “Ini dapat meningkatkan handling dan kestabilitasan sepeda listrik ketika digunakan,” ungkap dosen Departemen Teknik Mesin ITS ini.

Baca Juga :  Terbanyak Didanai, ITS Berhasil Loloskan Tujuh Tim di KBMI 2020
Roda tanpa ports dan ban tanpa angin yang menjadi fitur unggulan HUBBITS

Sementara itu, dalam perkembangan terkini, HUBBITS juga menghadirkan fitur modul yang menarik. Pada masa yang akan datang, modul ini akan mengalami pengembangan lebih lanjut, termasuk integrasi dengan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk memantau posisi, mengendalikan sistem, serta memeriksa kondisi baterai sepeda sebelum digunakan.

Terakhir, Khoirul menjelaskan, fitur kelima yang diadopsi oleh HUBBITS adalah optimasi desain dengan menggabungkan artificial intelligence yakni Backpropagation Neural Network (BPNN) dan Genetic Algorithm (GA). Dengan adanya fitur ini, desain rangka sepeda dinilai menjadi ringan dan ergonomis karena dapat menahan beban pengendara secara maksimal.

Tampak dekat HUBBITS, sepeda futuristin ITS yang siap tumpas masalah kemacetan di Indonesia

Khoirul menambahkan, HUBBITS merupakan hasil riset program Inovasi dan Hilirisasi Penelitian Dana Higher Education for Technology Innovation (HETI) Asian Development Bank (ADB). Riset dengan judul Pengembangan Ekosistem Sepeda Listrik di Kampus ITS ini merupakan hasil kerja sama dosen dan mahasiswa dari berbagai departemen di ITS yang tergabung dalam kluster Otomotif Science Techno Park (STP) ITS.

Baca Juga :  8.688 Peserta UTBK – SNBT 2023 Padati 18 Titik Tes di ITS

Sepeda ini diproduksi untuk melengkapi ekosistem kendaraan listrik yang telah hadir di ITS, seperti bus listrik, mobil listrik, i-Car, serta scooter listrik. Inisiatif ini merupakan bagian dari implementasi ITS yaitu Advancing Humanity, yang menegaskan komitmen Kampus Pahlawan untuk memajukan kualitas hidup dan perkembangan peradaban.

Melalui berbagai inovasi fitur HUBBITS, rancangan ini ditargetkan menjadi inspirasi bagi sektor industri di Indonesia. Sejalan dengan komitmen ITS untuk memajukan kualitas hidup manusia dan perkembangan peradaban, HUBBITS diharapkan akan menjadi langkah awal dalam mengubah paradigma transportasi menjadi lebih ramah lingkungan dan efisien.

“Saya harap, keberhasilan HUBBITS dapat mendorong upaya-upaya perkembangan hemat energi serupa di seluruh negeri, menuju pencapaian target Net Zero Emission pada 2060 dan masa depan yang lebih baik bagi bumi kita,” pungkasnya. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
360 Views