Ini Dia 10 Prodi Terfavorit IPB University di SNMPTN

Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dilakukan pada Senin, 22/3 pukul 15.00 Waktu Indonesia Barat. Tahun ini IPB University menerima sebanyak 1933 calon mahasiswa baru dari jalur SNMPTN ini.

Berdasarkan pemilihan program studi (prodi) pertama dan kedua pada seleksi SNMPTN, ada 10 program studi IPB University yang paling diminati calon mahasiswa baru.

“Kenapa favorit, mungkin karena memang minat siswa terhadap prodi ini, karena peluang kerja di masa depan, dan mungkin juga karena siswa mencermati tingkat keketatan persaingan prodi pada tahun sebelumnya,” ujar Dr Drajat Martianto, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan.

Berikut adalah 10 Prodi terfavorit IPB University tahun ini pada jalur SNMPTN:

1. Manajemen
Program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen menjadi prodi dengan peminat terbanyak di IPB University yaitu dipilih oleh 1766 siswa. Prodi Manajemen menjadi prodi terfavorit bagi siswa-siswi yang melanjutkan studi di IPB University. Prodi ini memiliki daya tampung mahasiswa sebanyak 120 baik dari SNMPTN, SBMPTN maupun seleksi Mandiri.

Dikutip dari laman https://manajemen.ipb.ac.id/, Prodi Manajemen terus berusaha menjawab tantangan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi serta sains dan penyelenggaraan pendidikannya yang lebih berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Prodi Manajemen turut mengimbangi pendekatan resources dan production oriented yang telah lama menjadi ciri IPB dengan demand atau market oriented yang menjadi ciri dari cara kerja manajemen.

2. Ilmu Komputer
Ilmu Komputer menjadi prodi kedua dengan peminat terbanyak yaitu 1570 siswa. Prodi Ilmu Komputer masuk ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University. Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB University merupakan departemen ilmu komputer di Indonesia yang menerapkan sistem mayor-minor. Hal ini memungkinkan terciptanya kolaborasi ilmu komputer dengan disiplin ilmu lain, khususnya ilmu-ilmu pertanian dalam arti luas.

3. Ilmu Gizi
Ilmu Gizi, Fakultas Ekologi Manusia menempati urutan ketiga dengan pendaftar sebanyak 1242 siswa. Sebagai prodi gizi pertama di Indonesia, sudah sepantasnya Ilmu Gizi di IPB University menjadi favorit para calon mahasiswa baru. Prodi ini juga menjadi prodi yang sulit ditembus oleh siswa karena rasio keketatannya sebesar 23.5.

Baca Juga :  Cegah Virus Corona, UNSERA Open Donasi

4. Bisnis
Sekolah Bisnis IPB University menempati urutan keempat dengan pendaftar sebanyak 1079. Meskipun Sekolah Bisnis IPB University masih terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, ternyata tidak membuat calon mahasiswa baru berpaling hati. Dengan peminat yang banyak, Sekolah Bisnis IPB University memiliki keketatan sebesar 13.15  dari seleksi SNMPTN. Namun demikian, masa depan lulusan dari Sekolah Bisnis terbilang menjanjikan. Sudah banyak alumni yang sukses baik di bidang industri, bisnis, bahkan politik.

5. Teknik Sipil dan Lingkungan
Prodi Teknik Sipil dan Lingkungan terpilih sebagai prodi terfavorit ke-5 karena ada 894 siswa yang mendaftar baik sebagai pilihan pertama maupun kedua. Meskipun memiliki pesaing yang banyak, ternyata Prodi Teknik Sipil dan Lingkungan IPB University turut menjadi prodi favorit bagi calon mahasiswa baru. Di prodi ini, mahasiswa akan diajarkan mengenai infrastruktur, teknik sumber daya air, teknik lingkungan, teknik geomatika serta teknik lainnya yang berkaitan dengan lingkungan dan pertanian. Lulusannya pun memiliki prospek karir yang menjanjikan baik di sektor industri, bisnis, pemerintah, maupun lembaga swadaya masyarakat.

6. Statistika dan Sains Data
Sedikitnya ada 840 siswa yang menjadikan Prodi Statistika dan Sains Data pada pilihan pertama dan kedua. Prodi ini merupakan nama prodi baru bagi Prodi Statistika IPB University. Dengan membawa nama Statistika dan Sains Data, IPB University berusaha mendidik mahasiswanya terkait sains data. Dengan demikian, para mahasiswa akan belajar banyak hal terkait data karena data memiliki peran penting dalam masa depan dunia.

7. Agribisnis
Prodi Agribisnis menjadi prodi favorit di urutan ke-7 dengan jumlah pendaftar sebanyak 833 siswa. Sebagai prodi yang berfokus pada sektor ekonomi, Agribisnis IPB University memiliki tanggungjawab terhadap pendidikan agribisnis di Indonesia. Bahkan, tanggungjawab mandat keilmuan prodi ini didasari pada suatu kesadaran terhadap pendidikan bisnis yang bersifat multidisiplin dengan memadukan ilmu-ilmu sosial, ekonomi, dan manajemen, didukung oleh teori sistem dan terapan teknologi dan materi sumberdaya hayati (pertanian, perikanan, peternakan dan kehutanan).

Baca Juga :  Raih Dua Juara Internasional dengan Minuman Rempah Kaya Manfaat

8. Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat
Prodi Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (KPM) masih menjadi pilihan favorit dengan jumlah peminat mencapai 802 siswa. Prodi SKPM, Fakultas Ekologi Manusia IPB University menjadi salah satu prodi yang berfokus pada pengembangan ilmu-ilmu sosial ekonomi pertanian. Pada prodi ini, para mahasiswa tidak hanya belajar di kelas, tetapi para mahasiswa akan diajak berbaur dengan masyarakat dan belajar dari masyarakat tentang isu-isu sosial ekonomi pertanian secara luas.

9. Teknologi Pangan
Prodi Teknologi Pangan IPB University merupakan prodi teknologi pangan tertua di Indonesia. Maka tak heran apabila ada banyak calon mahasiswa baru yang memilih prodi ini. Terdapat 773 siswa yang menjadikan prodi Teknologi Pangan sebagai pilihan pertama dan kedua pada SNMPTN 2021. Sejak 2001, Program Sarjana Teknologi Pangan telah mengadopsi kurikulum ilmu pangan yang direkomendasikan oleh Institute of Food Technologists (IFT). Pada tanggal 21 Juli 2010, Dewan Peninjau Pendidikan Tinggi IFT (HERB) menyetujui program Sarjana Teknologi Pangan sebagai memenuhi Standar Pendidikan Sarjana IFT untuk Gelar dalam Ilmu Pangan. Perbedaannya adalah menjadi program pertama di luar Amerika Utara yang disetujui oleh IFT. Pada tahun 2013, Program Teknologi Pangan telah menerima pengakuan internasional dari International Union of Food Science and Technology (IUFoST).

10. Agronomi dan Hortikultura
Prodi Agronomi dan Hortikultura adalah prodi di Fakultas Pertanian dengan peminat terbanyak dari di SNMPTN 2021. Sedikitnya ada 718 siswa yang memilih prodi ini baik sebagai pilihan pertama maupun kedua. Nantinya, di prodi ini para mahasiswa baru akan belajar mengenai pengelolaan sumberdaya nabati untuk menghasilkan produksi maksimum dan berkelanjutan, melalui rekayasa lingkungan dan fisiologi tanaman dengan pemanfaatan potensi genetik pada tanaman agronomi, hortikultura, dan sumber bioenergi.

Selamat untuk para calon mahasiswa baru IPB University. Selamat datang dan selamat berprestasi di kampus hijau ini.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...
27219 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x