INSTITUT KESEHATAN MITRA BUNDA PRODI DIPLOMA TIGA KEBIDANAN MELAKSANAKAN KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT DALAM BENTUK BANTUAN SOSIAL BAGI MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19 DI KOTA BATAM TAHUN 2020

Batam-Berawal dari rasa prihatin terhdap situasi pandemic covid-19 yang berdampak sangat luas salah satunya pada sector ekonomi serta himbauan pemerintah tentang penggunaan masker, maka Prodi Diploma Tiga Kebidanan Institut Kesehatan Mitra Bunda berinisiatif melakukan kegiatan “Prodi DIII Kebidanan Peduli” dalam bentuk pembagian sembako bagi masyarakat yang membutuhkan dan pembagian masker bagi masyarakat yang beraktifitas diluar rumah tanpa menggunakan masker.

Seperti yang kita ketahui dengan adanya wabah Covid-19 ini banyak pekerja yang harus kehilangan pekerjaannya sehingga kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan himbauan penggunaan masker yang merupakan alat perlindungan diri dari pencegahan penularan Covid-19. Program “ Prodi DIII Kebidanan Peduli” ditujukan untuk meringankan beban saudara kita yang terdampak Covid-19, adapun bahan pangan yang dibagiakn berupa beras, telur, mie, minyak goreng, gula dan teh, selain itu juga membagikan masker bagi masyarakat. Kegiatan pendistribusian sembako dan masker secara teknis dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Prodi dan kelompok Pusat Informasi Kesehatan Remaja (PIK-R) Ceria pada tanggal 11 April 2020.

Mengingat bahwa jumlah paket sembako dan masker yang terbatas, Prodi Diploma Tiga Kebidanan Institut Kesehatan Mitra Bunda belum dapat mendistribusikan kepada masyarakat di kota Batam secara menyeluruh. Oleh sebab itu, Kami menghimbau kepada instansi atau masyarakat yang memiliki kemampuan atau memiliki rezeki yang berlebih untuk turut berbagi dengan masyarakat lainnya agar bias membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19 khususnya dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. (Batam, 14 April 2020.  Prodi Diploma Tiga Kebidanan Institut Kesehatan Mitra Bunda Batam)