ISI Padangpanjang Ikut Pameran Seni Visual “Rakta Mahardika Rupa – Merdeka Cipta Daulat Bangsa”: Sebuah Eksplorasi Karya Seni dari Perguruan Tinggi Seni di Indonesia

Jakarta, 9 November 2023

Sebagai bagian dari penghormatan terhadap keragaman seni di Indonesia, ISI Padangpanjang ikut serta dalam Pameran Seni Visual “Rakta Mahardika Rupa – Merdeka Cipta Daulat Bangsa”. Acara ini menggabungkan upaya para dosen dan mahasiswa dari sembilan perguruan tinggi seni terkemuka di Indonesia untuk menciptakan karya-karya bersejarah yang mempesona.

Pameran Seni Visual Rakta Mahardika Rupa – Merdeka Cipta Daulat Bangsa ini merupakan apresiasi karya para dosen dan mahasiswa dari 9 (sembilan) perguruan tinggi seni di Indonesia yaitu: ISBI Aceh, ISI Padang Panjang, ISBI Bandung, Institut Kesenian Jakarta, ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, STKW Surabaya, ISI Denpasar, Bali, dan ISBI Tanah Papua untuk merespons dan memaknai semangat kepahlawanan menyambut Hari Pahlawan, yang diperingati setiap tanggal 10 November sebagai momen bersejarah untuk mengingatkan perjuangan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia.

Pameran akan diresmikan oleh Plt. Sesditjen Diktiristek di lobby gedung D Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jl. Jend. Sudirman Pintu I, Senayan Jakarta pada hari Jumat, 10 November 2023 pukul 10.00 WIB. Pameran ini menampilkan sejumlah karya seni yang luar biasa dari para dosen dan mahasiswa dari sembilan perguruan tinggi seni terkemuka di seluruh negeri.

Baca Juga :  RSGMP Universitas Jember dan PDGI Pengwil Jawa Timur Gelar Operasi Bibir Sumbing

Menurut Ketua Pelaksana Pameran Ahmad Bahrudin,S.Sn.,M.Sn yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan I Fakultas Seni Rupa & Desain, menyampaikan bahwa ISI Padangpanjang sendiri memamerkan berbagai ekspresi seni visual, mencakup lukisan, kriya seni, grafis, dan desain mode, dan menampilkan 18 karya seni 2 dimensi dan 6 karya seni 3 dimensi yang unik dan inspiratif. Kita merepresentasikan keragaman dan bakat yang luar biasa dari komunitas seni di ISI Padangpanjang. Karya-karya ini adalah wujud nyata dari dedikasi dan bakat seniman muda serta pengajar yang berpengalaman.

Pameran ini bukan hanya menjadi sarana untuk memamerkan karya seni visual yang menginspirasi, tetapi juga sebagai wadah untuk merayakan keberagaman seni dan budaya di Indonesia. Karya-karya ini mencerminkan berbagai ekspresi, visi, dan pandangan tentang kehidupan, identitas, dan budaya dalam berbagai medium seni visual, seperti lukisan, patung, fotografi, seni instalasi, dan karya seni berbasis teknologi.

Baca Juga :  Dosen ISI Yogyakarta Terima Anugerah Prasetya Adikarya Budaya #3

Menggabungkan berbagai elemen seni yang kreatif, pameran ini mengundang pengunjung untuk meresapi dan merayakan keragaman budaya serta perspektif seni visual yang ada di Indonesia. Ini adalah kesempatan unik untuk melihat dan merasakan keindahan, kompleksitas, dan inovasi karya seni yang dibuat oleh generasi muda dan para pengajar yang berbakat.

Dalam konteks yang lebih luas, “Rakta Mahardika Rupa – Merdeka Cipta Daulat Bangsa” juga merupakan bentuk apresiasi terhadap upaya mempertahankan dan mendorong kreativitas seni sebagai bagian integral dari budaya Indonesia. Seni visual memiliki peran yang sangat penting dalam membangun kesadaran dan menyampaikan pesan yang mendalam tentang berbagai isu sosial, budaya, dan politik.

Pameran ini akan berlangsung mulai tanggal 10 November 2023 hingga 10 Januari 2024 dan terbuka untuk umum.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
470 Views