ITS Raih Peringkat Pertama Nasional SIMKATMAWA 2021

Gedung Rektorat ITS
Gedung Rektorat ITS

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil meraih peringkat pertama nasional dalam Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA) 2021. Peringkat pertama ini diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) karena sinergi yang baik dari mahasiswa ITS, Direktorat Kemahasiswaan ITS, dan ITS sebagai institusi.

Direktur Kemahasiswaan ITS Dr Imam Abadi ST MT mengatakan bahwa SIMKATMAWA merupakan tolok ukur kinerja dari manajemen bidang kemahasiswaan. Pengukuran tersebut dimulai dari bagaimana perguruan tinggi mengatur kemahasiswaannya sampai manajemen kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler mahasiswa yang dibina oleh bidang kemahasiswaan ITS. “Dalam pengukuran ini, terdapat empat macam indikator penilaian,” jelasnya.

Indikator pertama dalam penilaian kegiatan ini adalah performa manajemen institusi. Dalam hal ini, performa dinilai dari bagaimana ITS memberikan payung hukum, pendanaan, dan pembinaan kepada kegiatan kemahasiswaan. Menurut Imam, indikator ini berhasil memperoleh nilai yang baik berkat Peraturan Rektor (Perek) ITS yang mewajibkan berbagai hal seperti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Satuan Kredit Ekstrakurikuler Mahasiswa (SKEM), dan peraturan lainnya.

Baca Juga :  Tak Terkalahkan, ITS Pertahankan Juara Umum KRI Kali Kelima

Kemudian, indikator kedua berpedoman kepada performa pelaksanaan kegiatan MBKM. Dalam kegiatan tersebut terdiri dari magang, pertukaran pelajar, kewirausahaan, dan lain sebagainya. ITS telah berulang kali berkontribusi dengan cara pengabdian masyarakat, diselenggarakannya riset oleh dosen dan mahasiswa, dan lain sebagainya.

Gerbang Depan Kampus ITS
Gerbang Depan Kampus ITS

Di samping itu, indikator ketiga meliputi kegiatan kokurikuler dan pencapaian prestasi dalam ekstrakurikuler secara mandiri. Dalam menjalani indikator ketiga ini, ITS telah menyelenggarakan kegiatan baik secara kokurikuler dan ekstrakurikuler. “Indikator ini ditentukan oleh seberapa banyak mahasiswa yang telah berprestasi dalam kompetisi baik di luar kampus maupun di dalam kampus,” papar dosen Departemen Teknik Fisika tersebut.

Menurut penjelasan dari Imam, indikator keempat meliputi prestasi yang diraih oleh mahasiswa dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Kompetisi-kompetisi tersebut terdiri dari Kontes Robot Indonesia (KRI), Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE), dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Hilirisasi Hasil Riset Kembangkan Potensi Kekayaan Intelektual Sebagai Produk Komersial

Dalam mewujudkan indikator keempat ini, ITS telah menjuarai setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Prestasi tersebut meliputi Juara III di Pimnas ke-34 2021, Juara Umum di KRI 2021, Juara I di KMHE 2021, dan berbagai kejuaraan lainnya yang berhasil diraih ITS.

Imam berharap mahasiswa yang berprestasi hendaknya meningkatkan prestasinya di bidang yang ditekuni. Imam juga berharap agar mahasiswa ITS bisa lebih kompak dengan satu sama lain. “Saya berharap ITS bisa saling bersinergi untuk menciptakan berbagai macam inovasi dan prestasi,” tandasnya dengan penuh percaya diri. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1604 Views