Lomba Esai, Mahasiswa Undiksha Boyong Tiga Piala

Singaraja- Menjelang akhir tahun 2021, mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) yang meraih prestasi terus berlanjut. Kali ini datang dari lomba esai tingkat  nasional yang berlangsung pada bulan Oktober. Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum, Putu Pipit Pricellia Eka Putri berhasil memboyong tiga piala. Raihan tersebut disampaikan kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd, Senin (1/11/2021).

Pipit, sapaan akrabnya menjelaskan piala tersebut diraih dari lomba esai yang berbeda dengan peserta masing-masing puluhan orang. Pertama, dari ajang yang digelar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Semarang. Esai berjudul “The Principle Of Hero Bagi Mahasiswa : Mengasentuasikan Kualitas Diri Melalui Keseimbangan Antara Studi Prestasi Dan Organisasi” mengantarkannya meraih juara I. Kedua, dari ajang yang digelar MPM Universitas Negeri Surabaya. Ia yang membawakan esai berjudul “Model Non Penal Policy Berbasis Forguad System Sebagai Upaya Meminimalisasi Money Politic Demi Terwujudnya Pemilu 2024 Yang Demokratis” berhasil meraih juara II. Ketiga, piala dipersembahkan melalui ajang yang digelar Aliansi BEM se-Bali. Ia menulis “SLEMAN : Selai Mangga Lembongan Berbasis Hand Made High Quality Local Brand Sebagai Upaya Memulihkan Kondisi Perekonomian Dan Pariwisata Nusa Penida. Karya itu mengantarkannya meraih juara II. “Ini lombanya pada bulan Oktober 2021. Semua tingkat nasional,” terangnya.

Keberhasilannya meraih prestasi gemilang ini tidak lepas dari peran pembimbing, Dr. Made Sugi Hartono, S.H.,M.H., maupun dukungan pimpinan Undiksha. “Tentu saya sangat bangga bisa mempersembahkan piala untuk Undiksha,” katanya. Lebih lanjut, keikutsertaan mahasiswa semester V ini dalam lomba esai bukan kali pertamanya. Di ajang sebelumnya, karyanya sempat mendapat predikat best paper. Ternyata, kecintaannya pada dunia menulis telah tumbuh sejak lama. “Saya memang suka menulis. Dengan menulis bagi saya dapat mengasah softskill. Ini juga penting untuk menghadapi penulisan tugas akhir nanti,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor, Prof. Suastra memberikan apresiasi atas prestasi ini. Ia menegaskan, prestasi ini tidak hanya penting untuk perankingan universitas, tetapi juga mendukung daya saing mahasiswa. “Nanti kalau di dunia kerja, prestasi ini ditanyakan. Ini sangat penting,” pesannya. Ia berharap kedepan semangat mahasiswa Undiksha untuk mengikuti kompetisi dan berprestasi dapat terus dipertahankan dan meningkat. Pimpinan Undiksha berkomitmen untuk terus memberikan dukungan. (hms)

Baca Juga :  Dukung Pengembangan SDM KKP, PKSPL IPB University Gelar Pelatihan Dasar Sistem Informasi Geografis
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
180 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x