Mahasiswa ITS Gagas EvolveGo, Solusi Kota Cerdas Terintegrasi

(dari kiri) Keisya Nabila Zahra, Annisa Rahmapuri, dan Jacinta Syilloam dari Departemen Teknologi Informasi ITS saat berhasil meraih Juara satu divisi Kota Cerdas Gemastik XVI tahun 2023

Kampus ITS, ITS News — Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil menciptakan sistem kota cerdas yang terintegrasi. Sistem ini dirancang untuk menciptakan transportasi yang aman, pemanfaatan limbah menjadi energi, serta peningkatan kualitas pendidikan guna mengoptimalkan kinerja pemerintah dalam tata kelola kota modern.

Ketua tim PowerBuffGirl! Annisa Rahmapuri menjelaskan, inovasi ini berangkat dari rasa keprihatinan terhadap pertumbuhan kota yang berdampak pada masalah transportasi, lingkungan, dan pendidikan. “Kami berkomitmen untuk mengatasi masalah-masalah ini melalui solusi yang berkelanjutan,” katanya.

Tim yang digawangi oleh Annisa Rahmapuri, Keisya Nabila Zahra, dan Jacinta Syilloam ini, mengangkat solusi tersebut dalam sebuah sistem aplikasi yang bernama EvolveGo sebagai solusi komprehensif. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur unggulan yang mencakup berbagai aspek kota cerdas. Salah satu fitur utamanya adalah TransGo! yang memberikan informasi real-time transportasi umum tentang ketersediaan kursi, rute perjalanan terbaik, bahkan notifikasi perubahan jadwal.

Baca Juga :  Berkontribusi Tinggi, Mensos Apresiasi ITS Penghargaan Pengabdian Luar Biasa
Berbagai fitur EvolveGo hasil rancangan Mahasiswa ITS dengan menerapkan 5 pilar Smart City

Tak hanya itu, dari segi transportasi, dihadirkan pula fitur SecureGo! yang berfokus pada keamanan transportasi umum. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melaporkan insiden yang tidak diinginkan dan menyediakan bukti melalui closed circuit television (CCTV) dengan harapan dan target dari pemerintah dapat meningkatkan rasa aman bagi pengguna.

Berpindah ke solusi lingkungan, terdapat WasteGo! yang menjadi fitur untuk membantu meningkatkan kesadaran lingkungan. Fitur ini memungkinkan masyarakat untuk mendaur ulang sampah dan mendapatkan reward dalam bentuk energi terbarukan yang kemudian hari akan diproses lebih jauh. “Sebagai contoh, adanya timbal balik dalam bentuk biodiesel, biogas, dan listrik,” ujarnya.

Tampilan alat pendeteksi volume minyak jelantah untuk proses pengecekan pada fitur WasteGo!

Tak hanya itu, EvolveGo juga memiliki WalletGo! yang memfasilitasi pembayaran cashless untuk berbagai layanan kota untuk digunakan masyarakat secara lebih praktis. Terakhir, EduGo! sebagai fitur pelengkap yang mengoptimalkan penilaian indeks sekolah untuk meningkatkan ketepatan dalam sistem penerimaan peserta didik baru.

“Melalui sistem ini, pemerintah dapat mengatasi ketidakakuratan dalam sistem pendidikan,” lanjut mahasiswa tahun ketiga Departemen Teknologi Informasi tersebut.

Kepala UPT TKD Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Achmad Alfian Majdi SKom MPd saat memberikan komentar terkait fitur EduGo! milik tim PowerBuffGirl! ITS

Sistem aplikasi ini juga telah disesuaikan guna menciptakan solusi yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup dan tata kelola kota modern, khususnya di Kota Surabaya. Dengan mengimplementasikan lima dari enam pilar Smart City, upaya tim PowerBuffGirl! ITS untuk menciptakan perubahan positif dalam menjawab tantangan kota berkelanjutan.

Baca Juga :  IPB University Terima Penghargaan Baznas Award 2022

Tim inovasi bimbingan Irzal Ahmad Sabilla SKom MKom ini menuai berbagai respon positif dari kalangan pemerintah Kota Surabaya. Terlebih pada fitur EduGo! yang mendapatkan apresiasi istimewa dari Kepala UPT TIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana PPDB Jawa Timur 2023. Sebagai tindak lanjutnya, sistem ini akan menjadi agenda utama dalam rapat PPDB Jawa Timur tahun 2024.

Tim PowerBuffGirl! bersama Dosen Pembimbing, Irzal Ahmad Sabilla SKom MKom saat klinik gemastik yang di adakan ITS

Inovasi berjudul Sistem Kota Cerdas untuk Transportasi yang Aman Terintegrasi, Waste-to-Energy Reward System, dan Optimalisasi Penilaian Indeks Sekolah Guna Meningkatkan Kinerja Smart Government ini berhasil mengantarkan tim untuk meraih medali emas dalam ajang Gemastik XVI tahun 2023 kategori Kota Cerdas. “Harapannya, EvolveGo dapat menjadi One App Solution (OSS) untuk segala layanan pemerintah,” pungkas Annisa penuh harap. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
688 Views