Mahasiswa Program Studi Tata Kelola Seni Menjadi Kurator Pameran Arsip & Memorabilia Teinuk Riefki

Rulli Meilia, Mahasiswa Program Studi Tata Kelola Seni, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta menjadi kurator Pameran Arsip dan Memorabilia “Teinuk Riefki: Maestro Seni Tata Rias Pengantin Tradisional Jawa. Pameran arsip dan memorabilia ini akan diselenggarakan dari tanggal 31 Maret sampai dengan 2 April 2022 dan bertempat di Pendopo Kedaton Royal Ambarrukmo. Untuk pembukaan pameran akan dilaksanakan pada 31 Maret 2022, pukul 16.00 WIB oleh Tienuk Riefki Management. Bersamaan dengan pameran ini juga diselenggarakan workshop “Paes Ageng” yang dilaksanakan pada 31 Maret 2022, pukul 09.00 sampai 15.00 WIB secara luring dan daring. Untuk workshop daring dapat disaksikan melalui live streaming Youtube Tata Kelola Seni ISI Yogyakarta,
Tienuk Riefki merupakan salah satu perias pengantin yang masih memegang teguh pakem adat. Ia mengawali karirnya pada tahun 1974. Selama 44 tahun kiprahnya di dunia tata rias, Tienuk Riefki memiliki segudang prestasi khususnya tata rias pengantin adat Yogyakarta dan Solo.
Tienuk Riefki pernah menjabat sebagai ketua HARPI (Himpunan Ahli Tata Rias Pengantin Indonesia) Melati DPD DIY selama 32 tahun. Kiprah dan dedikasinya sebagai mestro tata rias mengantarkan beliau memperoleh penghargaan sebagai pelestari pengembangan pengantin daerah dari Departement Pendidikan Nasional.
Sebagai maestro ia banyak mewariskan arsip dan memorabilia. Untuk itu pameran ini menyajikan arsip-arsip pribadi Tienuk Riefki yang belum pernah diperlihatkan pada publik. Setidaknya ada 16 arsip yang dipamerkan. Tak hanya arsip, benda-benda memorabilia yang disertakan dalam pameran diantaranya seperti kebaya, jarik, sanggul dan beauty case atau tas rias yang sering dibawa saat sedang merias.
Pameran Arsip & Memorabilia ini sekaligus menjadi Pameran Tugas Akhir karya Rulli Meilia mahasiswi Prodi S-1 Tata Kelola Seni FSR ISI Yogyakarta. Pameran ini diselenggarakan untuk mengajak para seniman dan pelaku seni lainnya untuk mulai menyadari pentingnya mengarsipkan karya para maestro. Arsip merupakan bagian penting dalam kehidupan seseorang salah satunya sebagai repositori memori yang dapat memberikan bukti terpercaya untuk mengetahui dan menyelidiki sejarah. Jadi tak salah bila pameran ini meletakkan semangat pelestarian nilai-nilai budaya beserta kearifan lokal dan nilai historis sebagai sajian utama.

Baca Juga :  LKST IPB University dan BPP HIPMI Penjajakan Kerjasama Matching Fund Terkait Riset Makanan Pencegah Stunting

Pameran Arsip & Memorabilia merupakan hasil kolaborasi Program Studi S1 Tata Kelola Seni, Fakultas Seni Pertunjukan, ISI Yogyakarta, Royal Ambarrukmo Yogyakarta dan Tienuk Riefki Management. Pameran ini juga membuktikan kolaborasi antara perguruan tinggi dan dunia industri. Kolaborasi yang akan memberikan manfaat bagi semua institusi yang bekerjasama.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
131 Views