Prof Bambang Pontjo Priosoeryanto Ditunjuk Menjadi Steering Committee WVAC 2022

World Veterinary Association (WVA) adalah asosiasi organisasi kedokteran hewan dunia yang anggotanya terdiri dari asosiasi kedokteran hewan dari setiap negara dan asosiasi profesi kedokeran hewan internasional. Struktur organisasi WVA terdiri dari 17 orang councilors yang mewakili setiap benua dan organisasi profesional internasional.

Pada 28 April 2021 telah berlangsung Sidang Umum WVA tahun 2021 (WVA General Assembly 2021) yang dihadiri oleh perwakilan negara dan organisasi profesional anggota WVA. Pada kesempatan tersebut hadir Prof drh Bambang Pontjo Priosoeryanto, MS, Ph.D, APVet, DACCM yang saat ini duduk sebagai salah seorang councilor WVA mewakili Federation of Asian Veterinary Association (FAVA) dari jalur Regional Professional Organization.

Beberapa hal penting yang terkait dengan pengembangan profesi kedokteran hewan sesuai dengan Rencana Startegis WVA 2020-2025 mencakup: Pertama, Veterinary Education yang terdiri dari quality, harmonization, pendidikan dokter hewan, pendidikan berkelanjutan dan paraprofesionals maupun paramedik. Kedua, Animal Welfare terdiri dari promosi pendidikan dan pelatihan kesejahteraan hewan yang termasuk dalam kurikulum. Ketiga, Pharmaceutical Stewardship yang di dalamnya terdapat penggunaan obat-obatan yang baik dan benar  antara lain dalam mencegah perkembangan antimicrobial resistance (AMR). Keempat, One Health sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit zoonosis dan perubahan iklim.

Baca Juga :  Prof. Dr. Rahmat Nurcahyo, Guru Besar UI: Dedikasi Pimpinan, Kunci Utama Atasi Kendala Implementasi ISO 9001

Selain isu-isu internal organisasi seperti amandemen WVA Constitution and By Laws maupun anggaran. Salah satu poin penting yang disampaikan dalam forum tersebut adalah usulan  yang diajukan oleh FAVA yaitu perluasan regionalisasi benua Asia-Oceania menjadi dua wilayah perwakilan yaitu Asia Barat dan  Asia Timur.

Dengan demikian, Asia akan direpresentasikan oleh empat orang councilor.  Masing-masing region direpresentasikan oleh dua councilor dan saat ini Asia hanya menjadi satu region dengan dua councilor.

Dalam sidang juga disampaikan tentang rencana WVA Congress/WVAC 2022 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada April 2022. Dalam sidang tersebut juga disetujui Prof Bambang Pontjo Priosoeryanto duduk sebagai salah satu dari empat anggota Steering Committee (SC) WVAC 2022.

Baca Juga :  STMIK Nusa Mandiri Siapkan Bibit Unggul Guna Ikuti Peksiminas-Kemendikbud

Semua keputusan yang diambil dalam Sidang Umum WVA dilakukan secara voting, karenanya jumlah perwakilan menjadi sangat penting pada saat pengambilan keputusan. (*/RA)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
32 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x