Program MM FEB UNIB Raih Akreditasi Internasional ABEST21

SETELAH melalui berbagai tahapan selama kurun waktu tiga tahun lebih sejak menjadi anggota dan mendapat pengakuan dari ABEST21 sebagai Fill Membership Juli 2017, akhirnya Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (MM-FEB) UNIB resmi meraih Akreditasi Internasional ABEST21 terhitung 1 April 2021 untuk periode lima tahun ke depan.

Acara peresmian dan pemberian sertifikat Akreditasi Internasional ABEST21 dilaksanakan secara virtual/daring pada Kamis, 27 Mei 2021 yang dihadiri langsung oleh President ABEST21 Professor Emeritus Dr. ITOH Fumio.

Pada acara yang dipandu Managing Director ABEST21, Nakagawa Yuka, MBA ini, Peer Review Team (PRT) yang dipimpin oleh Assistant Professor Dr. Hen Kei Wah (Dekan Fakultas Akuntasi dan Manajemen Universiti Tunku Abdul Rahman, Malaysia), menyampaikan hasil-hasil review mereka terhadap Program MM FEB UNIB.

Lalu, hasil review ditanggapi oleh Rektor UNIB Prof. Dr. Ridwan Nurazi, SE, MSc, Ak dan Dekan FEB UNIB Retno Agustina Ekaputri, Ph.D. Pada kesempatan ini, Prof. Ridwan dan Dr. Retno mengucapkan terimakasih kepada Tim PRT ABEST21 yang telah mereview standar dan kriteria Program MM FEB UNIB dan dinyatakan telah memenuhi persyaratan akreditasi internasional ini.

Setelah mendengarkan penyampaian PRT ABEST 21 dan tanggapan Rektor dan Dekan UNIB, acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada Program MM FEB UNIB yang telah meraih Akreditasi Internasional ABEST21 oleh Professor Dr. TODA Keiichi (Dekan Pascasarjana Manajemen Kyoto University, Jepang).

Dari UNIB sendiri, hadir juga Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Lizar Alfansi, SE, MBA, Ph.D, para Wakil Dekan FEB UNIB, para Ketua Jurusan dan Pengelola Program MM periode sebelumnya Slamet Widodo, SE, MS, Ph.D dan Pengelola Program MM yang baru Dr. Fitri Santi, SE, M.Si.

Baca Juga :  Upayakan Penanggulangan Covid-19, ITS Tantang Mahasiswa se-Indonedia Berinovasi

ABEST21 (The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, 21st Century Organization) merupakan badan akreditasi bisnis bagi sekolah-sekolah bisnis, termasuk Program Studi Manajemen di universitas se-Asia Pasifik. Lembaga yang didirikan pada 2005 tersebut bermarkas di Tokyo, Jepang.

Proses dan tahapan yang telah dilalui Program MM FEB UNIB untuk mendapat Akreditasi Internasional ini cukup panjang dan tidak mudah. Namun berkat kerja keras semua pihak, akhirnya Program Pascasarjana (S2) yang telah beberapa tahun mengantongi Akreditasi A nasional (BAN-PT) ini mampu meraih akreditasi internasional dari lembaga independent yang kompeten.

Setelah Program MM FEB UNIB mendapat pengakuan keanggotaan tahun 2017 karena dinilai telah memenuhi uji kelayakan (eligibility), pada tahun 2018 Program MM FEB UNIB mengikuti tahap quality improvement planning (QIP) untuk dipresentasikan di depan Board Members dan PRT (Peer Review Team) atau panelis.

Tahun-tahun berikutnya, dengan dikoordinir langsung oleh Dekan FEB UNIB Retno Agustina Ekaputri dan Pengelola Program MM Dr. Fitri Santi, upaya untuk meraih akreditasi internasional bergengsi ini terus dilakukan dan ditingkatkan.

Pada Juli 2020 Program MM FEB UNIB berhasil menyusun dokumen Self Chek/Evaluation Report (SCR) dan telah disubmit. Dokumen SCR memuat 26 standar dan 124 kriteria yang kemudian dilakukan review oleh Tim ABEST21 serta dilakukan visitasi secara online oleh PRT (Peer Review Team) yang dilaksanakan pada September 2020.

Akhirnya, berkat usaha yang optimal dari Tim Pengelola MM dan dukungan sivitas akademika serta stakeholders, Akreditasi ABEST21 berhasil diraih dan menempatkan Program MM FEB UNIB diakui sejajar dengan program manajemen di universitas lainnya se-Asia Pasifik.

Baca Juga :  Diminati Calon Mahasiswa, Inilah Keunggulan Program Studi Agribisnis IPB Universit

Rektor UNIB Prof. Dr. Ridwan Nurazi sangat mengapresiasi capaian Program MM FEB UNIB yang telah meraih Akreditasi Internasional ABEST21. Capaian ini bermakna bahwa apa yang telah diupayakan Program MM FEB UNIB dalam mencetak lulusan yang berwawasan global dan menjunung tinggi kearifan lokal telah mendapat pengakuan dunia internasional.

Rektor berharap ke depan prestasi ini dapat dipertahankan serta menjadi motivasi bagi prodi lainnya selingkung UNIB. Sebab kata Rektor, dengan raihan akreditasi internasional ini, tentu berdampak positif bagi kemajuan dan keunggulan UNIB ke depan.

“Ini bukti bahwa kita harus senantiasa optimistis, meskipun jalan untuk mendapatkan akreditasi internasional ini berliku dan panjang, tapi akhirnya kita mampu. Jadikan prestasi ini sebagai motivasi untuk kita semua agar ke depan lebih baik lagi,” ujar Prof. Ridwan Nurazi.

Senada disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Lizar Alfansi. Menurutnya, raihan akreditasi internasional ABEST 21 oleh program MM FEB UNIB harus menjadi motivasi bagi program lain di delapan fakultas selingkung UNIB untuk berupaya maksimal meraih akreditasi internasional yang relevan.

“Capaian Program MM FEB ini harus kita jadikan motivasi. Di fakultas lain sudah banyak program studi yang Akreditasi A nasional (BANT-PT), itu ke depan harus didorong dan diusahakan maksimal supaya meraih akreditasi internasional sesuai bidangnya. Akreditasi ini penting, selain untuk membuktikan kapasitas dan kompetensi lembaga juga untuk meningkatkan eksistensi pergaulan internasional yang sangat dibutuhkan untuk kemajuan institusi,” ujar Prof. Lizar.[Hms1].

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
81 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x