RSA UGM Sediakan Fasilitas Vaksinasi Khusus Untuk Penyandang Disabilitas

Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM kerja sama dengan Puro Pakualaman, TNI, TP PKK DIY, Gerakan Sonjo, serta Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY), menyelenggarakan kegiatan vaksinasi masal untuk penyandang disabilitas dan masyarakat umum pada Sabtu, (11/9). Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSA UGM, dr. Ade Febrina L., mengungkapkan terdapat 366 peserta yang mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut, 13 peserta dari penyandang disabilitas. 353 peserta lainnya dari masyarakat umum. 

“Peserta difabel yang datang bervariasi, mulai dari peserta disabilitas fisik hingga dari grup khusus down syndrome,” tutur dr. Ade, Sabtu (18/9).

Kegiatan vaksinasi dilakukan dengan menerapkan dua  metode. Metode pertama adalah vaksinasi di tenda yang bisa diakses oleh semua orang. Metode kedua ialah drive thru yang diarahkan ke RSA UGM khusus diperuntukkan untuk penyandang disabilitas. Kebijakan ini tidak lain dilakukan guna mengurangi potensi kerumunan dan memberikan akses khusus kepada penyandang disabilitas.  

Baca Juga :  Tim KKN ITS Kembangkan Mesin Pencacah Rumput Bertenaga Listrik

dr. Ade menambahkan RSA UGM turut menyediakan layanan semi drive thru bagi penyandang disabilitas tersebut. Para penyandang disabilitas dijemput dan dipulangkan kembali menggunakan akomodasi/ambulans dari RSA UGM, skrining dan vaksinasi dilakukan langsung kepada peserta difabel tanpa perlu turun dari ambulans. 

“Kendala para difabel adalah aksesibilitas vaksin, dan kebanyakan para difabel juga khawatir dengan kondisi mereka apakah aman divaksin, bagaimana bila pasca vaksin ada KIPI ((kejadian ikuta pasca imunisasi), bagaimana alurnya bila ada KIPI,” jelas Dr. Ade. 

Oleh sebab itu, peserta vaksinasi disabilitas diarahkan langsung ke RSA UGM yang terdapat fasilitas kesehatan yang dapat mengakomodir vaksin bagi kondisi khusus. 

“Dengan adanya vaksinasi khusus difabel (diharapkan) sangat membantu mereka (penyandang disabilitas). Selain itu, KIPI vaksin Covid-19 dijamin oleh Kemenkes sehingga para penderita difabel tidak perlu khawatir,” urainya.

Baca Juga :  Tim KKN Abmas ITS Kembangkan Kursi Roda Elektrik Berkendali Joystick

Seperti diketahui, kegiatan vaksinasi di RSA UGM masih terus dilanjutkan. RSA UGM masih terus bekerja sama dengan TNI untuk mendistribusikan vaksin. RSA UGM membuka layanan setiap hari Senin-Kamis untuk vaksinasi Covid-19 tersebut.  

Pendaftaran vaksinasi dapat dilakukan secara onsite, tentunya terutama diperuntukkan bagi pasien-pasien dengan komorbid penyakit tertentu, ibu hamil, disabilitas. maupun  masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses pendaftaran secara link / online. 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
240 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x