RSKGM FKG UI Laksanakan Tindakan Operasi Perdana di Instalasi Bedah Sentral

Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (RSKGM FKG UI) menggelar operasi perdana di Instalasi Bedah Sentral pada Senin (26/10), setelah dilakukannya renovasi secara menyeluruh di gedung tersebut. Di masa pandemi, RSKGM FKG UI tetap melayani pasien dengan menerapkan protokol pencegahan COVId-19 yang sangat ketat, termasuk layanan di Instalasi Bedah Sentral.

Direktur RSKGM Dr. Maria Purbiati, drg., Sp.Ort(K) menyampaikan kasus bedah mulut yang dialami pasien pada operasi perdana tersebut. “Hari ini kita melaksanakan operasi perdana kondisi gigi yang tertanam gusi dan tulang (multiple impaksi) melalui tindakan multiple odontektomi,” katanya.

Operasi perdana ini dipimpin oleh Dr. drg. Vera Julia, Sp.BM(K) beserta tim dari Departemen Bedah Mulut FKG UI serta disaksikan oleh Dekan FKG UI Prof. Dr. M.F. Lindawati S. Kusdhany, drg. Sp.Pros(K), Direktur RKSGM FKG UI, serta Asesor Akreditasi RSKGM FKG UI Kol(Kes) Dra. Nilawati, M.M.

Operasi pengangkatan lima buah gigi impaksi berlangsung kurang dari satu jam selanjutnya pasien menjalani pemulihan di rawat inap. Sebagai Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut tipe A, yang merupakan pusat rujukan nasional, RSKGM FKG UI tidak hanya menangani berbagai kasus seputar rongga mulut, namun juga kasus yang melibatkan rahang dan wajah (maksilofasial) seperti kasus tumor jinak odontogenetik yang dapat merusak tulang sekitarnya (ameloblastoma), bedah rahang estetika (orthognathic surgery), celah bibir dan lelangit, trauma rahang dan wajah, serta kasus bedah mulut lainnya.

Selain itu di instalasi bedah sentral ini dapat dilaksanakan operasi kasus-kasus untuk pasien dengan kebutuhan khusus, baik pada pasien anak maupun geriatri. “Asuhan di Instalasi Bedah Sentral ini merupakan salah satu kontribusi pelayanan dan pendidikan RSKGM FKG UI bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan dan akan terus dikembangkan,” kata drg Maria.

Berdasarkan hasil pemeriksaan berkala yang dilakukan oleh RSKGM FKG UI sejak awal masa pandemi hingga saat ini, tidak ada penularan yang disebabkan dari pelayanan gigi dan mulut, sehingga masyarakat dapat berobat ke RSKGM FKG UI dengan aman dan nyaman.