RSUI-XL Axiata Kerja Sama Adakan Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit

Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) dan PT XL Axiata Tbk menggelar program vaksinasi “Indonesia Bangkit” dengan sistem drive-thru di RSUI Kampus Depok. Program ini akan dilaksanakan selama dua bulan, dari tanggal 22 Maret hingga 21 Mei 2021 di Parkiran RSUI.

Mulai 22 Maret 2021, peserta vaksinasi adalah para lansia berusia minimal 60 tahun dan merupakan penduduk Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Identitas Penduduk (KTP) Depok, pendidik UI, dan Politeknik Negeri Jakarta. “Dengan metode drive-thru ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan proses vaksinasi. Jadi tinggal datang dan pasien ini tetap berada di mobil, tidak perlu turun dari kendaraannya,” ujar Sukihananto, koordinator lapangan vaksinasi drive-thru RSUI.

Selain para lansia, dosen UI juga bisa mendapatkan layanan vaksinasi drive-thru ini. Sebelum datang ke RSUI, para peserta diwajibkan untuk melakukan registrasi secara daring di alamat https://www.xlaxiata.co.id/id/indonesiabangkit dengan mengisi data diri dan jam kedatangan. Peserta tidak bisa melakukan proses vaksinasi, bila belum mendaftar terlebih dahulu.

Baca Juga :  Ekonom IPB University: Butuh Penguatan Kerjasama Ekonomi Indonesia-Malaysia

Ketika peserta sudah datang, maka proses awal yang dilakui peserta adalah melakukan validasi data registrasi di meja 1. Pada meja 2, tenaga kesehatan akan melakukan skrining kondisi kesehatan peserta dengan menanyakan beberapa hal, melakukan pengukuran tekanan darah, serta suhu tubuh.

Jika kesehatan peserta dinyatakan dalam kondisi baik, maka peserta dapat melakukan tahap vaksinasi di meja ketiga. Bila tidak, maka peserta akan disarankan untuk beristirahat terlebih dahulu selama 15-30 menit di area tunggu.

Setelah itu para peserta akan diarahkan ke meja 4 untuk beristirahat dan diobservasi oleh tenaga kesehatan selama 30 menit dengan pengukuran kembali tekanan darah dan suhu, serta untuk mengetahui ada tidaknya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Jika aman, maka proses vaksin dianggap selesai. Total durasi proses vaksinasi adalah sekitar 1 jam.

Baca Juga :  Kurangi Stunting di NTT, Rotary Club Indonesia Ajak Kerjasama IPB University Melalui Program Kedai Reka

Program yang diperuntukkan bagi pengguna kendaraan roda empat ini merupakan hasil kerja sama antara Universitas Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Kota Depok, Protelindo, Tower Bersama Group, Alita, Benihbaik.com, dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI). “Program vaksinasi ini merupakan jenis kerjasama Pentahelix, dimana RSUI sebagai penyelenggara, XL Axiata sebagai sponsor utama, Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat sebagai penyedia vaksin, dan program komunitas seperti benihbaik.com sebagai koordinator di lapangan,” ujar Sukihananto.

Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit beroperasi setiap hari kerja, Senin – Jumat (kecuali hari libur) dari jam 08.00 – 16.00 dengan jatah kuota 500 vaksin per hari. Harapannya, pemberian vaksin untuk kelompok lansia ini mampu membantu merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penularan Covid-19, dan mengurangi dampak bagi para lansia jika tertular.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
181 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x