Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur Kampus, ITS Resmikan Wirausaha Merdeka

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng saat menyampaikan sambutan pada peresmian dan pembukaan Program Wirausaha Merdeka ITS 2023

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus berupaya wujudkan visi dan cita-citanya untuk menjadi entrepreneurial university atau kampus wirausaha. Salah satu bukti keseriusan ini tercermin melalui peresmian Program Wirausaha Merdeka (WMK) ITS oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng di Auditorium Gedung Research Center ITS, Senin (14/8).

Diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), program ini bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul dalam bidang kewirausahaan. Dalam program ini, para peserta atau inovator muda akan mengikuti berbagai program mulai dari pembekalan bisnis, outbond, mentoring bisnis, hingga inkubasi bisnis. Tak hanya itu, kurikulum pada program ini juga telah dirancang khusus mulai dari tahap pre-immersion, immersion, hingga, post-immersion.

Ketua Pelaksana WMK ITS Eka Dian Savitri SHum MA saat menyampaikan laporan kegiatan WMK ITS 2023

Dalam sambutannya, Ashari mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk bakti ITS dan para inovator muda untuk mewujudkan tujuan kesejahteraan bangsa lewat wirausaha. Baginya, keseimbangan antara pendidikan dan kewirausahaan yang diusung lewat program ini akan membuka pintu yang terang bagi masa depan Indonesia maupun para invator muda. “Kesempatan ini adalah tangga yang akan membawa Anda semua lebih berjaya dan berkembang ke depannya,” ujar Ashari.

Baca Juga :  Raih Asa, Platform Bimbingan Beasiswa Karya Mahasiswa ITS

Lebih lanjut, Ketua Pelaksana WMK ITS Eka Dian Savitri SHum MA menjabarkan bahwa program ini diikuti oleh 300 orang peserta dari 11 perguruan tinggi pendaftar. Adapun tema yang diambil pada gelaran ini sendiri bertajuk It’s Launchpad yang bermakna ITS merupakan tempat belajar terbaik bagi calon wirausaha muda. Slogan Accelerate Your Journey, Ignite Your Success turut diciptakan oleh WMK ITS sebagai penguatan komitmen untuk menyiapkan generasi emas wirausahawan Indonesia.

Founder and CEO Dusdukduk Muhammad Arif Susanto saat beri kuliah umum terkait pentingnya wirausaha bagi para inovator muda

Eka juga menjelaskan, perkuliahan WMK ITS akan dimulai dari 14 Agustus hingga 1 Desember 2023 mendatang. Adapun pembelajaran yang didapatkan terdiri dari perkuliahan di kelas bersama dosen dan praktisi, pembinaan dengan dosen pendamping lapangan, serta pembelajaran berbasis mentorship fieldwork dengan pemilik usaha. “Di akhir nanti akan ada juga pameran produk dan peserta terbaik yang nantinya diberikan kesempatan untuk pitching bersama investor,” tambahnya.

Baca Juga :  Abmas ITS Ciptakan Alat Penunjang Kerja Bagi Pembatik

Dalam pembukaan program ini, diundang pula para wirausahawan muda yang telah sukses di bidangnya untuk memberikan kuliah umum bagi para inovator muda. Adapun topik kuliah pertama bertajuk Why Entrepreneurial Matters dibawakan oleh Founder and Chief Executive Officer (CEO) Dusdukduk, Muhammad Arif Susanto. Sedangkan topik kedua bertajuk Gap Opportunity in Market yang dibawakan oleh Trainer and Consultant PT New Creative Resources, Alfina Wijanarno ST PMP. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
705 Views