Unsri Beri Pendampingan Wawasan Kebangsaan, Kultural, dan Matrikulasi Bagi Mahasiswa Afirmasi 2021

Dalam rangka meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan bagi mahasiswa afirmasi 2021 (beasiswa Adik 2021), Universitas Sriwijaya melaksanakan kegiatan Pendampingan Wawasan Kebangsaan, Kultural, dan Matrikulasi bagi mahasiswa afirmasi 2021. Kegiatan pembinaan ini dibuka secaran resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Iwan Stia Budi, S.KM. M.Kes bertempat di Ruang Rapat Lt.2 KPA Unsri Kampus Indralaya, dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 Oktober 2021.

Peserta kegiatan pembinaan ini merupakan mahasiswa afirmasi tahun 2020 sebanyak 12 orang dan angkatan 2021 sebanyak 13 orang mahasiswa. Sebagian besar berasal dari Papua, hanya 2 orang yang bearasal dari luar Papua, yaitu dari Toraja Sulawesi Utara dan Bone Sulawesi Selatan.

Dr. Rizky Tirta Adhiguna, STP. M.Si selaku dosen Pembina menyebutkan Komunitas Papua Universitas Sriwijaya (Kompas) mengatakan bahwa kegiatan pendampingan ini merupakan yang pertama di Indonesia dalam melaksanakan matrikulasi dan materi lainnya untuk mahasiswa Adik Papua pada tahun 2021 ini.

Baca Juga :  ITS sebagai Anggota Konsorsium BRAUIC Pertama dari Indonesia

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini yaitu Prof. Dr. Alfitri, M.Si (Dekan Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Unsri) yang memberikan materi tentang wawasan kebangsaan & bhinneka tunggal ika. Selain itu AKP Sigit Agung, SH, S.IK. MH (Kabag Operasional Polres Ogan Ilir) memberikan materi tentang kesadaran & ketertiban oleh mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat, kemudian Danang Yonarta, S.St.Pi, M.P (Dosen Unsri) menyampaikan materi tentang penggunaan E-Learning & SIMAK Universitas Sriwijaya.

Selanjutnya, Anita Desiani, S.Si, M.Kom (Dosen Unsri) memberikan materi tentang kewirausahaan mahasiswa di era Pandemi Covid-19, sedangkan Prof. Ir. Fili Pratama, M.Sc (Hons) (Wakil I Dekan Bidang Akademik Fakutas Pertanian) memberikan materi tentang kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, sedangkan Dr. Ella Amalia, M.Kes memberikan materi tentang Kreatifitas Mahasiswa dan Beskian Lokon selaku Ketua Komunitas Mahasiswa Papua Universitas Sriwijaya menyampaikan informasi tentang pentingnya peran organisasi kedaerahan dalam menunjang studi di Universitas Sriwijaya.

Baca Juga :  PKM PM dan PKM PI Vokasi Politeknik Gorontalo menerima Dana HIBAH Kemdikbudristek RI

Pada hari terakhir yaitu tanggal 30 Oktober 2021 bersama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni melakukan penanaman pohon bersama yaitu buah kelengkeng disekitar Asrama Mahasiswa Kampus Unsri Indralaya. Tujuan kegiatan penanaman pohon bersama ini untuk menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Iwan Stia Budi menambahkan pada kegiatan penanaman pohon kelengkeng ini dirinya mengajak mahasiswa agar mencintai lingkungan. “Begitu pentingnya lingkungan terhadap kehidupan kita, maka ada usulan untuk menanam pohon kelengkeng bersama. Mari kita rawat kelengkeng ini bersama-sama nantinya. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatakan wawasan kebangsaan, kultural serta memiliki pengetahuan, sikap dan ide kreatif serta mampu beradaptasi dengan isu-isu lingkungan global. Mudah-mudahan dengan penanaman kelengkeng ini menambah kerasan adik-adik berada dikamus Universitas Sriwijaya ini,” tutupnya.(Humas_Unsri)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
138 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x