Pencanangan Zona Integritas FISIP UPN Veteran Jawa Timur, Sesditjen Dikti Tekankan Perbaikan Layanan Tridarma Perguruan Tinggi

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPN VJM) melakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Jumat (28/5). Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Sesditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Paristiyanti Nurwardani, dan Sekretaris Tim ZI Sesditjen Dikti, M. Ali Akbar.

Paristiyanti Nurwardani optimis bahwa pencanangan ZI di UPN VJT akan berlangsung dengan sangat baik. “Pada prinsipnya, hal tersebut akan terus-menerus melakukan perbaikan agar UPN VJT menjadi universitas yang unggul dengan karakter bela negara,” ujar Paris.

Pada kesempatan tersebut, Paris juga menyampaikan UPN VJT dalam waktu yang relatif singkat sudah menjadi Perguruan Tinggi Nasional (PTN) dan bergabung dengan Kemendikbudristek. Menurutnya, UPN VJT akan menjadi PTN panutan dan inspirasi perguruan tinggi lainnya di Jawa Timur dengan tetap berkarakter bela negara.

Tahun 2021 merupakan tahun kebanggaan untuk Kemendikbudristek dalam hal Pencanangan Zona Integritas dan memiliki prestasi yang luar biasa dalam program tersebut. Pencanangan Zona Integritas berawal dari permintaan dari negara untuk melakukan reformasi birokrasi yang merupakan langkah awal untuk melakukan penataan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, dan efisien.

Baca Juga :  Peningkatan Kompetensi Dosen melalui Kelas Kedaireka x Amazon Web Services

“Pada saat pencanangan ZI selesai dibuat, kami selanjutnya melakukan sosialisasi besar-besaran dan mengkampanyekan program SIGAP, yaitu Senyum, Semangat, Integritas, Gotong Royong, Amanah, dan Profesional,” lanjut Paris.

Kampanye SIGAP merepresentasikan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, dan efisien dalam melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional. FISIP UPN VJT mendapatkan predikat perguruan tinggi dengan ZI melalui berbagai macam penilaian.

Pengertian umum terkait dengan Zona Integritas dapat dilihat di Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) No. 10 Tahun 2019. Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk melakukan wilayahnya bebas dari korupsi dan wilayahnya menjadikan birokrasi yang melayani dan dalam hal ini adalah dilarang untuk melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Baca Juga :  Dirjen Dikti: Pelayanan Publik di Lingkungan Ditjen Dikti Harus Berorientasi pada Kemaslahatan Masyarakat

Wilayah Bebas dari Korupsi adalah predikat yang diperikan kepada suatu unit kerja atau kawasan yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, mulai dari penata tata laksana, kemudian sistem manajemen SDM, penguatan pengamatan dan penguatan akuntabilitas kinerja.

“Langkah-langkah yang akan UPN VJT dan Ditjen Dikti lakukan secara bersama yaitu strategi menuju ZI. Program yang menyentuh masyarakat seperti kegiatan pengabdian masyarakat di lebih dari 100 daerah tertinggal perlu disebarluaskan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Paris menambahkan bahwa FISIP UPN VJT akan selalu melakukan perbaikan berkelanjutan dimana seluruh kegiatan layanan tridarma perguruan tinggi, dan akan dilakukan berbagai macam perubahan faktor pengungkit dan terus dikawal agar betul-betul melakukan ZI dan menuju zona WBK dan WBBM.

“Seluruh civitas academica UPN VJT unggul berkarakter Bela Negara dan harus selalu dipertahankan keunggulan tersebut,” pungkas Paris.

Humas Ditjen Dikti
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.dikti.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Dikti
E-Magz Google Play : G-Magz

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
402 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x