Pencegahan penyebaran Virus Corona yang semakin merebak di Indonesia bukan tanggung jawab Pemerintah atau instansi tertentu saja, tetapi seluruh masyarakat Indonesia.

Sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat, Fakultas Kedokteran (FK) Untar memberi bantuan secara nyata dengan memproduksi sendiri serta menyumbang hand sanitizer kepada pihak eksternal.

Puskesmas-puskesmas yang terletak di sekitar Jakarta Barat yang mendapat bantuan “HSU” Hand Sanitizer Untar gelombang pertama pada Kamis (26/3), antara lain Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan, Kecamatan Cengkareng, dan Kecamatan Kembangan.

Menurut Koordinator Pengamanan Covid-19 Internal yang juga adalah Dekan FK Dr. dr. Meilani Kumala, M.S., Sp.GK(K), bahwa FK Untar masih akan terus memproduksi HSU untuk didistribusikan ke puskesmas-puskesmas lainnya dan rumah sakit jejaring Sumber Waras untuk gelombang berikutnya.

Selain membagikan HSU, kepedulian Untar khususnya melalui delapan mahasiswa FK yang telah lolos tes awal, akan menjadi tenaga relawan berkoordinasi dengan  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk ditempatkan.

“Berdasarkan video conference dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) dan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), dokter-dokter dan mahasiswa diminta untuk turut membantu. Kami juga mengimbau para dokter yang sedang menjalankan tugas dapat diberi alat pelindung diri yang lengkap agar tidak ikut tertular,” tambah Dekan FK Untar tersebut.