Untuk memperkuat kerja sama di bidang Pendidikan Tinggi dan Riset antara kedua negara, pemerintah Indonesia dan Pemerintah Perancis melalukan pertemuan tahunan dalam kerangka Joint Working Group (JWG) secara bergantian di Indonesia dan Perancis. Pada tahun 2016 ini, sekitar 200 peserta yang mewakili berbagai institusi kedua negara telah berpartisipasi pada JWG ke-8 yang diadakan pada tanggal 5-7 April 2016 di Universitas La Rochelle, Perancis.

Penyelenggaraan JWG ke-8 Indonesia-Perancis ini merupakan kerja sama antara Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Institut Fran├žais Indonesia (IFI) di bawah naungan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris dan Kedutaan Perancis di Jakarta. Koordinasi dilakukan oleh Universitas La Rochelle dengan Universitas Sebelas Maret Solo.

Tujuan kegiatan ini adalah mempertemukan perwakilan Kementerian kedua negara, perwakilan Universitas, peneliti, ahli dan pengusaha untuk memberikan kesempatan agar:

  1. Memperkuat jaringan antara pihak Indonesia dan Perancis serta membahas peluang kerja sama.
  2. Bersama-sama meninjau kembali kerja sama yang telah dilakukan pada tahun 2015 dan mengevaluasi kerja sama tersebut baik secara kualitatif maupun kuantitatif.
  3. Membahas dan mempertimbangkan peluang kerja sama jangka waktu pendek (2016-2018).
  4. Membahas perangkat kerja sama dan prosedur administrasi yang dapat menunjang riset bersama.
  5. Mengidentifikasi prioritas dan rencana pelaksanaan kegiatan mendatang (konferensi, seminar, lokakarya, calls for proposals, dll).
  6. Mempersiapkan konsorsium baru seperti yang sudah ada saat ini yaitu French-Indonesian Consortium on Engineering and Management/FICEM).

Selain itu pada pelaksanaan JWG ke-8 ini, Indonesia dan Perancis berkesempatan untuk mempromosikan bahasa Nasional masing-masing negara. Untuk itu semua pidato pada saat pleno diterjemahkan secara simultan ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Perancis. (nn/bkkp)

Galeri