Pekalongan – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir melakukan kunjungan kerjanya ke Universitas Pekalongan dalam rangka memberikan sambutan kepada para wisudawan dan wisudawati sekaligus meresmikan Gedung F Universitas Pekalongan. Mereka yang diwisuda berjumlah kurang lebih 11  orang dengan IPK rata-rata diatas 3,5 dengan prodi yang berbeda-beda.

Dalam wisuda itu, Rektor Unikal Suryani mengatakan, Upaya Unikal untuk mencapai tujuan sebagai PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang bermutu baik ditingkat regional, nasional dan internasional, menguasai ilmu pengetahuan dan mempersiapkan tenaga kependidikan yang baik menjadi tugas pokoknya. Untuk memenuhi tugas itu, maka ia mendorong dosennya untuk melanjutkan ke S-3, baik di dalam negeri atau luar negeri.

“Nilai yang baik adalah nilai masa depan untuk meniti karir, nilai kurang baik bukan berarti tidak akan sukses dalam segala hal,” kata Nasir ketika memberikan sambutan pada wisuda ke-44 untuk Sarjana, Profesi, dan Ahli Madya Universitas Pekalongan, Sabtu (19/3/2016).

Nasir juga menghimbau kalau lulusan yang berkualitas akan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain pada era globalisasi saat ini, dimana ia ingin mendorong Mahasiswa/I untuk mencapai National Competitiveness atau daya saing bangsa dengan adanya sumber daya yang berkualitas, ”Sumber daya manusia yang baik adalah yang mampu berinovasi dengan kreativitasnya,” ujarnya.

Menurut Nasir (Menristekdikti) kedepan para dosen harus didorong melanjutkan pendidikannya hingga mendapat gelar doktor. Setelah itu, meningkatkan riset untuk bisa menjadi guru besar yang profesional. Hasil riset itulah yang mestinya tak berhenti di perpustakaan, tapi harus bisa menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Semoga kedepan Mahasiswa sekaligus Dosen semakin dapat menyatukan misi dengan Kemristekdikti untuk meningkatkan kualitas pendidikan demi bersaing untuk menjadi kelas dunia karena semakin banyak lulusan-lulusan yang berkualitas akan mampu membuat perubahan untuk Indonesia kelak. (ega&ard/bkkp)