Tiga mahasiswa Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil menjadi juara 1 Kompetisi Business Plan Pekan Kewirausahaan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) 2 Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia (POPMASEPi) di Universitas Swadaya Gunung Jati – Cirebon (29/9). Mereka adalah Maulida Aulia Rezki, Afif Bahruddin dan Bintang Narotama. Acara digelar di Universitas Swadaya Jati Cirebon.

Pada lomba yang bertema “Meningkatkan Potensi Usaha dan Inovasi Pengolahan Pangan Lokal” ini, mereka mengangkat produk brownies ubi jalar untuk menjadi inovasi pengolahan pangan lokal yang diproduksi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT)wilayah sekitar kampus, yaitu Desa Cikarawang.

Maulida menyampaikan pemilihan produk brownies ini selain sebagai lomba juga agar mampu meningkatkan pendapatan warga desa yang bekerja sebagai petani ubi jalar sekaligus mengusung social preneur ke depannya.

“Kiat yang kami lakukan yaitu dengan membangun relasi dengan warga desa, terutama ibu-ibu KWT serta memberikan informasi terkait branding produk yang akan kami lakukan dalam lomba tersebut. Kami juga memberi informasi bagaimana konsumen menanggapi produk tersebut sekaligus menjadi bahan pertimbangan dalam memperbaiki kualitas produk,” ujarnya.

Peserta lomba merupakan gabungan dari Departemen Agribisnis seluruh perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri yang ada di Indonesia. “Dalam lomba ini, kami di-support oleh Departemen Agribisnis, mulai ilmu dalam pembuatan business plan serta masukan dari dosen pembimbing,” imbuhnya. (dh)