Mahasiswa Univeristas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih sebagai winner of  Busan Global Smart Cities Challange di Busan Korea, pada 25-30 September 2017. Adalah Irvandias Sanjaya, mahasiswa Fakultas Psikologi UGM yang berhasil meraih penghargaan tersebut di ajang Young ICT Leader’s Forum 2017.

Young ICT Leader’s Forum merupakan acara tahunan bergengsi tingkat intrenasional yang diinisiasi oleh ITU bekerjasama dengan pemerintah lokal Busan sejak tahun 2014 lalu. Kegiatan ini merupakan program pertemuan internasional antara akademisi, bisnis, pemerintah, komunitas, dan media yang pada tahun ini mengangkat tema besar “Smart Cities dan SDG’S” dan diikuti oleh 30 mahasiswa yang berasal dari 28 negara.

Irvandias menyampaikan dalam kegiatan tersebut turut diselenggarakan “Busan Global Smart Cities Challenge”. Kompetisi ini diikuti lebih dari 2.000 peserta yang berasal dari 120 negara di dunia.

“Dari 2.000 peserta dipilih 20 terbaik  yang diundang ke Korea secara gratis melalui program beasiswa untuk melakukan presentasi,” jelas Dias, sapaan akrab Irvandias Sanjaya,, Senin (2/10) di Kampus UGM.

Dias menuturkan dalam kompetisi tersebut dirinya mengangkat tentang proyek start up yang tengah digarapnya bernama Design for Dream. Proyek tersebut merupakan platform bisnis berbasis crowdfunding disaailitas. Proyek ini bertujuan untuk mengadvokasi dan mendukung penyandang disabilitas agar bisa berdaya danmandiri terentaskan dari kemiskinan.

“Awalnya sempat ragu karena hampir 95 persen peserta berasal dari jurusan IT, sehingga tidak menyangka saja akhirnya bisa meraih juara,” terangnya.

Ditambahkan Dias, dengan keikutsertaan dalam program Young ICT Leader’s Forum 2017 dia mendapatkan banyak pengalaman berharga. Selain memperoleh tambahan pengetahuan juga memperluas jejaring yang lebih luas. (Humas UGM/Ika)