MANADO – Sektor perguruan tinggi memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan bangsa. Melalui itulah fungsi transformasi sumberdaya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta sosial, perguruan tinggi menempati posisi yang strategis dalam perubahan masyarakat.

Sejalan dengan itu maka pada tahun 2016 ini dilaksanakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Ketua Yayasan Penyelenggara di lingkunan Kopertis Wilayah IX Sulawesi digelar di Sutan Raja Resort & Convention Center, Kamis (28/7).

Acara yang diadakan setiap satu tahun sekali dengan melibatkan seluruh PTS di lingkungan wilayah IX mengusung tema “Mewujudkan Tata Kelola yang Baik Menuju Perguruan Tinggi Swasta Profesional, Unggul dan Bermartabat”.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Ainun Na’im dan ada juga sekaligus membuka helatan tahunan tersebut. Hadir juga Direktur Jenderal Sumberdaya Iptek dan Dikti, Ali Ghufron Mukti, dan Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir, Didin Wahidin.

Pada sambutannya Ainun mengatakan Sejak dulu sampai dengan sekarang, Peranan Pendidikan Tinggi dalam pembangunan suatu negara itu adalah penting.

“Sudah jelas bahwa, Pendidikan Tinggi serta penguasaan terhadap pengembangan Iptek itu penting untuk peningkatan kesejahteraan dan pembangunan Negara kita. Keberadaan dan perkembangan Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta sama pentingnya,” tegasnya.

Ainun menambahkan bahwa semua Perguruan Tinggi harus menghasilkan lulusan yang memenuhi kompetensi yang ditentukan oleh kerangka kualifikasi nasional serta menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang sesuai dengan standar.

“Tentu pemerintah tidak tinggal diam dan tidak bisa menyelesaikan semuanya tetapi bisa memberikan fasilitasi untuk membantu masyarakat untuk menciptakan Pendidikan Tinggi yang berkualitas,”

Koordinator kopertis wilayah IX Sulawesi, Andi Niartiningsih pada pidatonya menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakan Rakerwil kali ini yaitu Mengevaluasi, menyusun rencana strategis dan memantapkan sistem pengawasan, pengendalian dan pembinaan Perguruan Tinggi Swasta serta kinerja penyelenggaraan Perguruan Tinggi di lingkungan kopertis wilayah IX Sulawesi. (ard)

Galeri