Melalui proses seleksi terbuka sesuai UU ASN Nomor 5 Tahun 2014 telah dipilih 5 Direktur Jenderal (Dirjen)di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, yaitu: (1) Dr. Muhamad Dimyati M.Sc. sebagai Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan; (2) Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc. sebagai Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; (3) Prof. Intan Ahmad, Ph.D. sebagai Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan; (4) Prof. dr. Ali Gufron Mukhti, M.Sc., Ph.D. sebagai Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; dan (5) Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si. sebagai Dirjen Penguatan Inovasi. Selasa 30 Juni 2015, 5 Eselon IA Kemenristekdikti tersebut dilantik oleh Menristekdikti M. Nasir di Auditorium Lantai 3 Gedung II BPPT, Jakarta.

Dalam sambutannya menristekdikti mengingatkan tentang 2 sasaran strategis terpenting Kemenristekdikti untuk periode 5 tahun mendatang, yaitu peningkatan mutu pendidikan tinggi dan hilirisasi hasil penelitian. Sehingga diharapkan dirjen-dirjen yang baru dilantik dapat segera melaksanakan program-program kerja tahun 2015 yang telah direncanakan. Selain itu Menristekdikti juga menghimbau agar para dirjen segera menyelesaikan restrukturisasi terutama pengisian jabatan-jabatan eselon 2 dan 3 di bawahnya agar program-program kerja tahun 2015 dapat segera diselesaikan dengan baik.

Sehubungan dengan opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Menristekdikti menghimbau para dirjen untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan Kemenristekdikti sehingga opini BPK tentang Laporan Keuangan Kemenristekdikti yang sudah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Menristekdikti turut mendoakan agar para dirjen dapat mengemban amanat sesuai dengan sumpah jabatan pada pelantikan tersebut.

Turut hadir pada pelantikan ini adalah Menristek Periode 2011-2014 Gusti Muhammad Hatta, pimpinan dan anggota komisi X dan VII DPR RI, para pejabat pimpinan tinggi utama madya di lingkungan LPNK, para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama Kemenristekdikti, dan para pimpinan perguruan tinggi di Indonesia. (flh/humasristekdikti)