Sabtu 2 Mei 2015, diadakan Panen Raya Padi Varietas Sidenuk di demplot Desa Wanajaya, Cibitung. Panen tersebut merupakan program hilirisasi Kemenristekdikti bekerjasama dengan Kodam Jaya/Jayakarta dalam rangka mendiseminasikan padi varietas Sidenuk Batan, pola tanam IPAT-BO Unpad, dan pupuk organik ABG Unpad-swasta nasional (PT SRI) menggunakan lahan Kodam Jaya/Jayakarta di wilayah Kodim 0509/Kabupaten Bekasi. Dengan benih, pupuk, dan pola tanam yang bagus tersebut, panen ini berpotensi menghasilkan 8-10 ton/ha. Panen ini Meningkat 50-100% dibandingkan menggunakan pola tanam, pupuk dan benih yang biasa.

Panen dilakukan secara simbolis oleh Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Agus Sutomo, Kepala Bidang Pemetaan Iptek Masyarakat sebagai perwakilan dari Kemenristekdikti, Bapak Syachrial Annas dan Deputi Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir Batan Bapak Anhar.

“Para petani dapat melihat dan membandingkan hasil panen padi yang dikerjakan oleh para petani dengan hasil yang diperoleh melalui cara yang dipakai Kodam Jaya saat ini. Dengan sistem yang digunakan oleh Kodam Jaya ini, hasil yang didapatkan  jauh lebih banyak, sehingga dengan hasil yang lebih banyak sudah pasti akan semakin meningkatkan kesejahteraan para petani,” ujar Pangdam Jaya.

Kerjasama Kemenristekdikti dengan Kodam Jaya/Jayakarta ini akan terus dilakukan sehingga memberikan kontribusi berkelanjutan yang lebih besar guna membantu pencapaian program ketahanan pangan nasional.

Turut hadir dalam panen raya ini adalah Kapolresta Kab. Bekasi, Danrem 051/Wkt, Sekda Bekasi, pimpinan PT SRI, Kelompok Tani, dan para Dandim Jajaran Korem 051/Wkt. (flh/humasristek)